Senin 19 Apr 2021 15:16 WIB

Lansia yang Obati Sleep Apnea Berisiko Rendah Alzheimer

Lansia yang mengobati gangguan tidur juga berisiko rendah alami demensia.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Lansia yang mengobati gangguan tidur juga berisiko rendah alami demensia.
Foto: Pixnio
Lansia yang mengobati gangguan tidur juga berisiko rendah alami demensia.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Sebuah studi menemukan lansia yang menggunakan perangkat untuk mengobati sleep apnea obstruktif (OSA) mungkin memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit Alzheimer atau demensia. Para peneliti di Michigan Medicine mengamati 50.000 penerima Medicare yang berusia di atas 65 tahun yang telah didiagnosis dengan OSA.

Disebutkan dalam laman Eat This yang dilansir Senin (19/4), para peneliti menemukan orang yang menggunakan alat tekanan jalan nafas positif yang juga dikenal sebagai CPAP, lebih kecil kemungkinannya untuk didiagnosis dengan demensia atau penyakit Alzheimer dalam tiga tahun ke depan. Hal itu dibandingkan orang yang tidak menggunakan tekanan jalan nafas positif.

Baca Juga

"Kami menemukan hubungan yang signifikan antara penggunaan tekanan saluran napas positif dan risiko yang lebih rendah dari Alzheimer dan jenis demensia lainnya selama tiga tahun, menunjukkan bahwa tekanan saluran napas positif mungkin melindungi terhadap risiko demensia pada orang dengan OSA," kata penulis utama studi tersebut, yang juga asisten profesor neurologi dan ahli epidemiologi tidur di University of Michigan, Galit Levi. Dunietz, Ph.D., MPH.

Studi ini adalah salah satu penelitian dalam garis panjang yang menggambarkan bahwa kualitas tidur penting untuk kesehatan otak dan fungsi kognitif. Menurut peneliti utama studi yang merupakan seorang profesor neurologi, Tiffany J. Braley, MD, MS, jika jalur kausal ada antara pengobatan OSA dan risiko demensia, seperti yang disarankan oleh temuan mereka, diagnosis dan pengobatan OSA yang efektif dapat memainkan peran kunci dalam kesehatan kognitif orang dewasa yang lebih tua.

Sleep Apnea menyebabkan jaringan lunak saluran napas saling runtuh, sehingga menghambat pernapasan. Hal ini dapat menyebabkan dengkuran keras, atau napas terhenti selama satu menit sebelum otak membangunkan Anda untuk melanjutkan pernapasan. Jeda itu bisa terjadi berkali-kali dalam semalam.

Semua gangguan tersebut sangat melelahkan, mengakibatkan kualitas tidur yang buruk. Tidak hanya mempengaruhi perasaan keesokan harinya, beberapa penelitian telah menghubungkan apnea tidur dan kualitas tidur yang rendah dengan hilangnya ingatan, penyakit kardiovaskular, diabetes, dan umur yang lebih pendek secara keseluruhan.

Selama tidur nyenyak, atau pada saat tahap tidur rapid eye movement (REM), tubuh menyembuhkan dan mengisi ulang dirinya sendiri. Otak membuang racun, proses pembersihan yang diyakini para peneliti meningkatkan fungsinya dan menurunkan risiko demensia dan Alzheimer.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Neuroscience, sleep apnea dapat berdampak negatif pada memori navigasi spasial, semacam "peta kognitif" yang mencakup kemampuan untuk mengingat arah dan di mana Anda meletakkan hal-hal seperti kunci Anda.

Gejala sleep apnea termasuk mendengkur, pernapasan tidak teratur saat tidur, kantuk di siang hari, atau bangun dengan mulut kering atau sakit tenggorokan. Penyedia layanan kesehatan dapat mendiagnosis apnea tidur dan membantu Anda memutuskan apakah terapi seperti perangkat CPAP tepat untuk Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement