Tips Sajikan Menu Sahur Praktis untuk Anak

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah

 Senin 19 Apr 2021 15:12 WIB

Menu menarik pada saat sahur akan membuat anak lebih semangat berpuasa. Foto: Pixabay Menu menarik pada saat sahur akan membuat anak lebih semangat berpuasa.

Menu menarik pada saat sahur akan membuat anak lebih semangat berpuasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bulan suci Ramadhan sebentar lagi datang. Bulan yang akan dilalui dengan berpuasa ini selalu menjadi tantangan tersendiri bagi para orang tua yang memiliki anak yang sedang berlatih untuk berpuasa.

Salah satu tantangan anak berpuasa adalah memberikan menu-menu menarik pada saat sahur agar anak semangat dalam berpuasa. Menurut Chef Devina Hermawan, pastikan menu-menu makanan yang para orang tua sajikan banyak melibatkan sensori.

“Jadi selain dari rasa harus menarik, menurutku, makanan itu juga harus terlihat menarik. Lalu teksturnya juga harus main,” jelas Devina dalam acara menyambut Ramadhan bersama #MomenNutella yang disimak secara virtual, beberapa waktu lalu.

Menurut Devina, biasanya anak yang lebih kecil lebih sensitif dengan tekstur makanan. Jika seorang anak bosan, maka orang tua perlu bermain tekstur pada makanan agar tak bosan dengan makanan.

Dalam acara tersebut, dia juga mendemonstrasikan dua menu masakan yang sangat mudah dan praktis yang bisa diadaptasi untuk menu makan sahur anak-anak. Kedua menu itu adalah Breakfast Bites dan Banana Nuggets yang dibuat masing-masing kurang dari tujuh menit.

Selain itu, dia juga menyarankan para orang tua untuk melakukan meal preparation atau persiapan makanan pada hari sebelumnya, agar pada saat sahur kita tidak perlu membuat makanan merepotkan. “Jadi tinggal jalan saja,” jelas dia.

Devina mengatakan, sangat penting untuk menciptakan momen kebersamaan dengan keluarga saat makan bersama dan menyiapkan hidangan. Dia tak memungkiri, mempersiapkan santapan pertama di pagi hari, seperti sahur terkadang membuat para orang tua lebih repot karena keterbatasan waktu.

“Di samping itu, saat sahur kita perlu menyemangati anak untuk mau bangun pagi. Karena itu, aku membagikan resep 7-menit Nutella yang akan menambah kebersamaan keluarga saat sahur. Resep-resep ini begitu praktisnya sehingga akan ada lebih banyak waktu untuk dihabiskan bersama keluarga dan bahkan anak-anak juga bisa ikut mempersiapkan,” tutur dia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X