Senin 19 Apr 2021 14:59 WIB

Kapal Perang Inggris ke Laut Hitam, Antisipasi Rusia?

Pengiriman kapal perang ini disebut bentuk solidaritas Inggris ke Ukraina.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Teguh Firmansyah
Ilustrasi kapal perang Inggris.
Ilustrasi kapal perang Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Kapal perang Inggris akan berlayar ke Laut Hitam pada Mei. Langkah ini dilakukan sebagai bentuk solidaritas di tengah meningkatnya ketegangan antara Ukraina dan Rusia.

Lapor surat kabar Sunday Times menyatakan, Inggris menunjukkan solidaritas dengan Ukraina dengan pengerahan kapal perang Tipe 45 yang dipersenjatai dengan rudal anti-pesawat dan fregat Tipe 23 anti-kapal. Armada ini akan meninggalkan kelompok tugas kapal induk Angkatan Laut Kerajaan di Mediterania dan menuju Selat Istanbul ke Laut Hitam.

Baca Juga

Jet siluman RAF F-35B Lightning dan helikopter pemburu kapal selam Merlin akan siap di kapal induk kelompok tugas, kapal induk HMS Queen Elizabeth, untuk mendukung kapal perang di Laut Hitam.

Sementara itu dikutip dari hurriyetdailynews, dua kapal pendarat kelas Ropucha Rusia dari Armada Utara Rusia transit di Selat Istanbul pada 17 April. Armada ini mampu membawa tank dan mengirimkan baju besi dan pasukan selama serangan pantai.

Lebih banyak bala bantuan angkatan laut Rusia dalam bentuk dua kapal pendarat lagi, kali ini dari Armada Baltik Rusia. Kapal ini diperkirakan akan transit di Selat Istanbul dalam waktu dekat.

Kantor berita RIA pada 17 April juga melaporkan bahwa 15 kapal kecil dari armada Kaspia Rusia menyelesaikan transfer mereka ke Laut Hitam sebagai bagian dari latihan. Pengerahan pasukan tersebut sebagai tanda lebih lanjut dari ketegangan yang meningkat di wilayah itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement