Thursday, 1 Syawwal 1442 / 13 May 2021

Thursday, 1 Syawwal 1442 / 13 May 2021

Serikat Buruh Harap Keluhan Kurir Shopee Didengar Pemerintah

Rabu 14 Apr 2021 16:06 WIB

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Ratna Puspita

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea

Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Terjadi beberapa aksi pekerja beberapa hari terakhir, di antaranya oleh kurir Shopee.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) berharap keluhan para kuris Shopee yang disebut sempat melakukan mogok kerja didengar oleh pemerintah. Presiden KSPSI Andi Gani Nena Wea membenarkan terjadi beberapa aksi oleh pekerja dalam beberapa hari terakhir, salah satunya oleh kurir Shopee. 

"Ya tentu ada beberapa banyak serikat buruh dan serikat pekerja yang melakukan aksi di minggu-minggu terakhir ini. Dan kemarin juga ada aksi. Dan kami berharap dan kami yakin pemerintah akan mendengar," kata Andi di kompleks istana kepresidenan, Rabu (14/4). 

Sebelumnya, warganet Twitter ramai membicarakan dugaan ketidakadilan bayaran para kurir Shopee Express (SPX) melalui tagar '#shopeetindaskurir'. Shopee Indonesia pun buka suara menanggapi kabar tersebut.

Baca Juga

Dalam keterangan resmi, Executive Director Shopee Indonesia, Handhika Jahja menyebut, insentif bagi mitra pengemudi SPX sangat kompetitif di industri serta mengikuti tingkat harga di pasar.

"Contohnya, jika seorang mitra pengemudi SPX di wilayah Jabodetabek membawa 80 paket dalam sehari, mereka bisa mendapatkan insentif rata-rata senilai Rp 2.213 untuk setiap paket," kata Handhika, dikutip Senin (12/4/2021).

Di sisi lain, ia menggambarkan ilustrasi rata-rata upah per paket di pasaran yang berada di kisaran Rp1.700 hingga Rp2.000 pada jasa logistik lainnya. Ia juga berujar, "Kami pastikan skema insentif Shopee selalu mengikuti peraturan di daerah terkait, serta mengikuti tingkat harga di pasar guna mengupayakan titik temu terbaik antara permintaan pengguna dan ketersediaan mitra SPX."

Sebelumnya, warganet membicarakan kabar bayaran yang para mitra kurir Shopee terima. Salah satu kurir Shopee menyebut, ia tak mendapat gaji tetap dari Shopee.

"Jujur, paket 30 kami digaji Rp80 ribu, lebih dari 30 paket digaji Rp1.900. Dan tidak ada gaji tetapnya," aku salah satu kurir kepada konsumen yang kemudian mengunggah gambar percakapan mereka ke Twitter.

Warganet juga menyindir perihal banyaknya acara yang melibatkan artis nasional dan mempromosikan program Shopee dengan menyewa para bintang ternama asal Korea Selatan.

"Shopee daripada ngundang artis-artis Korea, mending buat gaji kurir dech. Kasian tanggung jawabnya besar, belum kalau kecolongan paketnya, kepanasan, kedinginan karna kehujanan #shopeetindaskurir," begitu bunyi cuitan salah satu warganet. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA