Hidangan Berbuka Puasa: Dari Kolak Pisang Hingga Qatayef

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko

 Rabu 14 Apr 2021 03:54 WIB

Kolak Pisang Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto Kolak Pisang

Hidangan berbuka puasa dari seluruh dunia begitu beraneka ragam

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hidangan berbuka puasa dari seluruh dunia begitu beraneka ragam, dari yang manis-manis hingga yang gurih. Semua hidangan memiliki nilai tersendiri bagi penikmatnya.

Dilansir dari laman National Geographic pada Selasa (13/4), berikut 12 hidangan berbuka puasa di berbagai belahan dunia:

1. Timur Tengah: shorbat adas

Baca Juga

Bagi banyak Muslim di Uni Emirat Arab (UEA), Yordania, dan Lebanon, buka puasa biasa dimulai dengan semangkuk shorbat adas, disajikan dengan keripik pitta.

Di masak dengan lentil merah dan dibumbui dengan kunyit, jintan, kayu manis, parsley, dan lemon. Shorbat adas yang kaya protein dengan cepat mengisi kembali perut yang berpuasa. Untuk nutrisi tambahan, masak wortel, bawang bombay dan kentang bersama dengan lentil sebelumnya

2. Maroko: harira

Biasanya disajikan dengan kurma, sup hangat ini mengambil namanya dari kata Arab untuk 'silky'. Di Maroko, harira menawarkan kebaikan lentil, buncis, daging, dan bihun dalam sup tomat. Bahan 'tedouira', dari campuran tepung yang mengental dan air yang ditambahkan saat mengaduk sup.

Baca juga : 5 Resep Menu Sahur Mudah dan Sehat

Setiap keluarga menyiapkan hidangan secara berbeda, ada yang memilih nasi daripada bihun, atau daging sapi dari pada domba. Bumbu dan rempahnya bervariasi di antaranya, kayu manis, kunyit, kunyit, jinten, ketumbar, parsley, seledri, dan jahe.

photo
(Foto: ilustrasi Harira Soup) - (Flickr)
 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Play Podcast X