Friday, 25 Ramadhan 1442 / 07 May 2021

Friday, 25 Ramadhan 1442 / 07 May 2021

Ini Cara Tersehat Memasak Nasi

Selasa 13 Apr 2021 17:35 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah

Ada trik memasak yang dapat membuat nasi menjadi lebih sehat.

Ada trik memasak yang dapat membuat nasi menjadi lebih sehat.

Foto: www.freepik.com
Ada trik memasak yang dapat membuat nasi menjadi lebih sehat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nasi merupakan salah satu sumber karbohidrat yang sangat populer. Tekstur dan rasa nasi yang khas membuat makanan ini mudah dikombinasikan dengan berbagai lauk-pauk.

Hanya saja, mengonsumsi satu porsi nasi putih memiliki dampak yang hampir sama seperti menyantap gula pasir murni. Dampak tersebut adalah peningkatan pada kadar gula darah yang cukup tinggi.

Namun, bukan berarti nasi atau sumber karbohidrat lain harus dijauhi. Karbohidrat diperlukan oleh tubuh sehingga tetap perlu dikonsumsi dan menjadi bagian dalam pola makan sehari-hari.

Kabar baiknya, ada trik memasak yang dapat membuat nasi menjadi lebih sehat. Trik ini dapat membantu menurunkan efek peningkatan kadar gula yang cepat setelah menyantap nasi.

Trik memasak nasi ini dikembangkan oleh peneliti dari University of Southern California dan sudah dipresentasikan di American Chemical Society (ACS). Cara memasak ini yang dikenal sebagai metode memasak ACS ini juga dapat menurunkan jumlah kalori yang akan diserap tubuh dari nasi hingga 60 persen.

Metode memasak ACS bekerja dengan mengubah komposisi nasi. Sebagian besar pati yang bisa dicerna pada nasi akan berubah menjadi pati resisten.

Pati yang bisa dicerna atau digestible starch akan dipecah dengan cepat di dalam tubuh. Efeknya, ada banyak glukosa yang akan masuk ke dalam sistem tubuh. Kelebihan dari glukosa tersimpan sebagai lemak.

Sebaliknya, pati resisten atau resistant starch tidak diserap oleh tubuh. Pati resisten akan berjalan melalui saluran perncernaan tanpa dipecah.

Seperti dilansir Fit and Well, Selasa (13/4), metode memasak ACS hanya membutuhkan tiga bahan utama yaitu beras, air, dan minyak kelapa. Minyak kepala bisa masuk ke dalam butiran pati selama proses memasak dan mengubah struktur pati.

"Sehingga (pati) tak lagi terpengaruh oleh enzim pencernaan dari tubuh kita," ujar peneliti dari University of Southern.

Langkah pertama dari metode memasak ACS adalah menambahkan satu sendok teh minyak kelapa pada panci berisi air mendidih. Langkah selanjutnya, masukkan beras putih ke dalam panci yang sama dan masak hingga beras matang menjadi nasi.

Setelah matang, simpan nasi ke dalam kulkas selama semalaman. Keesokan harinya, nasi bisa dihangatkan dan siap untuk dinikmati.

Cara ini memang membutuhkan lebih banyak waktu dibandingkan dengan memasak nasi dengan metode konvensional. Akan tetapi, metode memasak ini bisa memberikan sajian nasi putih yang lebih sehat dan dapat membantu upaya penurunan berat badan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA