Muhammadiyah Hadirkan Program Ramadhan Sehat dan Aman

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Muhammad Hafil

 Selasa 13 Apr 2021 17:32 WIB

Muhammadiyah Hadirkan Program Ramadhan Sehat dan Aman. Foto: Logo Muhammadiyah. Foto: Antara Muhammadiyah Hadirkan Program Ramadhan Sehat dan Aman. Foto: Logo Muhammadiyah.

Program Ramadhan sehat dan aman dihadirkan Muhammadiyah.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) turut menyambut bulan suci Ramadhan 1442 Hijriah. Salah satunya dihadirkan pengajian Ramadhan dengan tema Ramadhan Sehat dan Aman yang disiarkan TV Muhammadiyah setiap 17.00-17.30.

Koordinator Divisi Komunikasi, Informasi dan Publikasi MCCC PP Muhammadiyah, Budi Santosa mengatakan, program ini merupakan kerja sama MCCC, Lazismu dan TV Mu. Tujuannya, menyemarakkan Ramadhan 1442 H yang masih dalam situasi pandemi.

Nantinya, Ramadhan Sehat dan Aman akan diisi Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof Haedar Nashir dan ketua-ketua majelis dan ketua-ketua lembaga. Budi menuturkan, tema itu sengaja dipilih melanjutkan tema tahun lalu Ramadhan di Rumah Saja.

"Memang tahun kemarin kondisi dan situasi mengharuskan kita semua menahan diri tetap tinggal di rumah. Tahun ini, karena sosialisasi yang gencar, warga sudah memahami protokol kesehatan pencegahan covid-19," kata Budi, Selasa (13/4).

Ia menekankan, melalui program ini MCCC ingin mengajak masyarakat menjalani Ramadhan tahun ini dengan sehat dan aman. Sehingga, Ramadhan tepat berlangsung dengan aman dari paparan covid-19 dan sehat baik secara fisik maupun mental.

PP Muhammadiyah sendiri sudah mengeluarkan panduan ibadah Ramadhan beberapa waktu lalu. Dalam panduan itu Muhammadiyah menyatakan ibadah Ramadhan seperti tarawih boleh dilaksanakan secara berjamaah dengan pembatasan jamaah maksimal.

"Yaitu 30 persen dari kapasitas daya tampung tempat ibadah, jaga saf atau jarak , menggunakan masker dan penegakan protokol kesehatan lain," ujar Budi.

Untuk lingkungan yang menunjukan angka penyebaran covid-19 tinggi, Muhammadiyah menganjurkan pelaksanaan ibadah di rumah masing masing. MCCC sebagai pelaksana tugas penanggulangan Muhammadiyah terus aktif mendukung penanganan covid-19.

"Terkini, MCCC PP Muhammadiyah mendukung gerakan vaksinasi yang dilaksanakan pemerintah menggelar vaksinasi untuk jajaran pimpinan, warga Muhammadiyah dan masyarakat berbagai tempat seperti Yogyakarta, Jakarta dan terakhir Medan," kata Budi. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Play Podcast X