Senin 12 Apr 2021 22:03 WIB

Haedar Nashir: Tidak Mudik Bentuk Tanggung Jawab Moral

Tidak mudik kali ini bisa pula menjadi wujud dari kesalehan diri

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir.
Foto: Republika/ Wihdan
Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof Haedar Nashir, sampaikan ucapan selamat atas datangnya bulan suci Ramadhan. Ia turut menghimbau  warga bangsa tidak melakukan mudik sebagai bentuk tanggung jawab moral dan kesalehan diri.

"Karena belum memungkinkan dan sesuai kebijakan pemerintah, sebaiknya warga bangsa tidak perlu mudik tahun ini, apalagi bila mudik itu kemudian kita menjadi tidak disiplin dan menambah rantai penularan covid-19," kata Haedar, Senin (12/4).

Baca Juga

Haedar menilai, saat ini memilih tidak mudik menjadi semacam sikap tanggung jawab sosial dan tanggung jawab moral. Bahkan, ia berpendapat, tidak mudik kali ini bisa pula menjadi wujud dari kesalehan diri kita dalam memahami agama.

Terlebih, kata Haedar, kita harus berempati kepada tenaga kesehatan yang masih berjuang di RS dan relawan dalam menghadapi covid-19. Selain itu, berempati dan bersimpati kepada keluarga yang telah ditinggal orang-orang tercinta mereka.

"Baik di negeri tercinta ini maupun di mancanegara. Semuanya itu adalah bentuk kebaikan kita terhadap kehidupan sesama," ujar Haedar.

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement