Selasa 13 Apr 2021 04:10 WIB

3 Latihan Terbaik Atasi Nyeri Leher Menurut Terapis

Kesehatan leher dan tulang belakang kerap terabaikan.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Kesehatan leher dan tulang belakang kerap terabaikan.
Foto: Pixabay
Kesehatan leher dan tulang belakang kerap terabaikan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seseorang cenderung abai terhadap kesehatan leher dan tulang belakang sampai kondisinya terlambat. Saat sudah terjadi gangguan seperti leher kaku dan nyeri leher, barulah seseorang pergi ke terapis untuk membantu meringankannya. 

Sejumlah bentuk latihan sederhana efektif mengatasi nyeri leher. Gerakan itu pun bisa dilakoni beberapa menit sehari untuk pencegahan sakit leher dan menjaga kesehatan. Hal itu disampaikan salah pendiri studio terapi fisik Motivny, David Jou.

Baca Juga

Menurut Jou, seseorang kerap memberi perhatian pada kelompok otot utama seperti kaki, padahal merawat leher juga amat krusial. Pasalnya, area leher bisa mengalami banyak tekanan sepanjang hari, saat kerja maupun selama berolahraga. 

"Memiliki mobilitas leher yang memadai atau kendali atas rentang gerak leher dapat secara signifikan mengurangi kemungkinan cedera, baik dari gerakan reseptif atau bahkan tidak bergerak," ungkap Jou, dikutip dari laman Well and Good, Senin (12/4).

Dengan peregangan dan gerakan tertentu, sendi, struktur pendukung, dan sistem saraf menjadi lebih terbiasa dengan rentang gerakan yang mengurangi risiko cedera. Begitu juga manfaat tambahan pelumas sendi yang meningkatkan sirkulasi dan mencegah kerusakan tulang belakang.

Jou menyarankan tiga latihan mobilitas untuk kesehatan leher dan tulang belakang yang lebih baik. Latihan pertama bernama "Neck CARs", singkatan dari "Neck Controlled Articular Rotations" atau rotasi artikular terkendali pada leher.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement