Thursday, 1 Syawwal 1442 / 13 May 2021

Thursday, 1 Syawwal 1442 / 13 May 2021

PBB: Sekitar 11.000 Orang di Yaman Hidup dengan HIV

Selasa 13 Apr 2021 01:04 WIB

Red: Nur Aini

Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) mengatakan bahwa hampir 11.000 orang di Yaman hidup dengan human immunodeficiency virus (HIV).

Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) mengatakan bahwa hampir 11.000 orang di Yaman hidup dengan human immunodeficiency virus (HIV).

Hanya 50 persen dari fasilitas perawatan kesehatan di Yaman berfungsi penuh

 

REPUBLIKA.CO.ID, SANAA -- Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) mengatakan bahwa hampir 11.000 orang di Yaman hidup dengan human immunodeficiency virus (HIV).

Dalam sebuah laporan yang dirilis pada Ahad (11/4), IOM membagikan cerita seorang pria Yaman yang mengetahui bahwa dia positif HIV. Organisasi itu mengatakan HIV bukan lagi hukuman mati jika obat yang tepat tersedia.

Baca Juga

“Kemajuan dalam terapi antiretroviral (ART) berarti bahwa orang yang terinfeksi virus dapat hidup lebih lama, hidup lebih sehat. Faktanya, begitu viral load menjadi tidak terdeteksi pada seseorang sebagai akibat pengobatan, mereka tidak mungkin lagi menularkan virus kepada orang lain,” kata IOM.

Laporan tersebut juga membahas tempat ART, atau fasilitas kesehatan yang menyediakan layanan perawatan dan obat-obatan untuk penderita HIV, termasuk saran pencegahan, diagnostik, kesadaran dan nutrisi, serta layanan kuratif dan konseling.

“Hingga 2007, penderita HIV tidak dapat menerima perawatan kesehatan yang layak, tetapi dengan situs ART dan perawatan kesehatan intensif yang disediakannya, pasien merasa lega dan aman. Jika penderita HIV meminum obatnya secara teratur, mereka dapat hidup normal,” kata Dr. Nasser Qassem Sami, kepala ART di Aden.

Namun, menurut laporan tersebut, di negara-negara dengan krisis akut, pengobatan dan perawatan kesehatan sulit didapat, begitu pula di Yaman, yang memasuki tahun ketujuh konflik dan krisis.

 

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/pbb-sekitar-11000-orang-di-yaman-hidup-dengan-hiv/2205676
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA