China Mulai Puasa Ramadhan pada Selasa

Red: Ani Nursalikah

 Senin 12 Apr 2021 17:40 WIB

China Mulai Puasa Ramadhan pada Selasa Foto: Republika/Thoudy Badai China Mulai Puasa Ramadhan pada Selasa

Beberapa masjid di Beijing sejak bulan lalu sudah kembali buka.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Umat Islam di China mulai melaksanakan ibadah puasa Ramadhan pada Selasa (13/4). "Kami besok sudah puasa. Malam ini kami tarawih mulai pukul 20.30 (19.30 WIB)," kata pengurus Masjid Huashi bermarga Wang kepada Antara di Beijing, Senin (12/4).

Dalam kesempatan tersebut, Wang membagikan selebaran berisi jadwal puasa Ramadhan selama sebulan penuh, khusus untuk wilayah Beijing. Sebelumnya, imam Masjid Nanxiapo, kepada jamaah shalat Jumat (9/4) menyampaikan pengumuman awal Ramadhan 1442 Hijriyah di China yang jatuh pada 13 April 2021.

Baca Juga

Beberapa masjid di Beijing sejak bulan lalu sudah kembali buka secara normal setelah ditutup karena kasus baru Covid-19 di sejumlah daerah sejak awal Januari 2021. Selain masjid, beberapa rumah ibadah lainnya di Ibu Kota China, seperti gereja dan kuil juga buka seperti semula.

Bahkan Katedral Immaculata di kawasan Xuanwumen juga telah menyelenggarakan misa menjelang Paskah pada Jumat (2/4) lalu. Kuil Yonghegung Lama juga telah dibuka untuk umum sejak bulan lalu.

Ramadhan tahun ini di Beijing bertepatan dengan musim semi sehingga durasi puasa rata-rata berlangsung antara 14,5 hingga 15,5 jam per hari.Tidak hanya Beijing, Asosiasi Islam China (CIA) di kota lain, seperti Guangzhou, Shanghai, Shenzhen, Hangzhou, Suzhou, dan Nanjing juga telah mengedarkan jadwal puasa sebulan penuh yang berakhir hingga 12 Mei 2021.

photo
Infografis Durasi Puasa Terpanjang dan Tersingkat 2021 - (Republika.co.id)

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X