Tips Menjaga Kesehatan Kulit Selama Ramadhan

Red: Agung Sasongko

 Sabtu 10 Apr 2021 10:45 WIB

Seorang perempuan sedang merawat kulit wajahnya agar sehat. Foto: www.freepik.com Seorang perempuan sedang merawat kulit wajahnya agar sehat.

Ada enam hal yang bisa Anda lakukan menjaga kesehatan kulit selama Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Ada enam hal yang bisa Anda lakukan menjaga kesehatan kulit selama Ramadhan. Demikian diungkap  Pakar kesehatan bidang anti-aging lulusan Universitas Udayana, dr. Cynthia Jayanto M. Biomed (AAM).

Pertama, mencegah kulit dehidrasi dengan menjaga asupan minum yang cukup.

Baca Juga

Anatomi kulit manusia terdiri dari tiga lapisan utama epidermis (luar), dermis dan subkutis yang sifatnya sangat fleksibel menyesuaikan dengan keadaan lingkungan sekitar, baik kelembapan udara, suhu udara, dan asupan.

Lapisan subkutis kulit terdiri atas jaringan ikat longgar berisi sel-sel lemak yang juga berfungsi sebagai cadangan makanan. Saat Anda berpuasa, kulit akan tetap terjaga hidrasinya sebab sudah punya mekanisme anatomi untuk tetap bisa menjaga kelembapannya sendiri.Tetapi, cadangan ini akan bisa berkurang atau hilang bila asupan cairan Anda tak cukup.

Cynthia menyarankan Anda minum minimal delapan gelas per hari saat sahur dan berbuka puasa."Cara minumnya bisa dibagi-bagi per waktu, supaya tidak mengakibatkan kembung," ungkap dia kepada ANTARA melalui surat elektronik pada Sabtu (10/4).

 

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X