Wednesday, 25 Zulhijjah 1442 / 04 August 2021

Wednesday, 25 Zulhijjah 1442 / 04 August 2021

Ini Prediksi Tim-tim yang Lolos ke Play-off IBL 2021

Sabtu 03 Apr 2021 07:27 WIB

Red: Israr Itah

Pemain Bima Perkasa Jogja R. Azzaryan Pradhitya membawa bola dikepung para pemain Bali United di IBL 2021. Bima Perkasa dan Bali United memperebutkan tiket play-off IBL 2021.

Pemain Bima Perkasa Jogja R. Azzaryan Pradhitya membawa bola dikepung para pemain Bali United di IBL 2021. Bima Perkasa dan Bali United memperebutkan tiket play-off IBL 2021.

Foto: IBL Indonesia
Baru Satria Muda Pertamina, Prawira Bandung, dan Pelita Jaya yang lolos ke play-off.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kompetisi Indonesian Basketball League (IBL) 2021 memasuki periode krusial di regular season. Dari enam tim yang memburu tiket play-off, baru Satria Muda Pertamina dan Prawira Bandung yang mendapatkannya di Divisi Putih. Satu tiket lagi tengah diincar oleh West Bandits dengan NSH Mountain Gold mencoba memaksimalkan peluang tipis untuk menyalip.

Sementara di Divisi Merah, persaingan lebih sengit. Pelita Jaya Bakrie sudah mengamankan satu tempat. Dua sisanya diperebutkan Louvre Dewa United, Bali United Basketball, dan Bima Perkasa Jogja. Mereka akan bertarung  habis-habisan pada laga sisa agar bisa tampil di babak gugur. 

Baca Juga

Satya Wacana Saints Salatiga secara matematis belum tercoret, walaupun secara realistis amat berat menuju play-off karena wajib sapu bersih kemenangan. Padahal tim asuhan Efri Meldi masih harus menghadapi dua tim tangguh Satria Muda dan Pelita Jaya.

Andai menang pun, Satya Wacana masih harus berharap Louvre, Bali United, dan Bima Perkasa kalah terus dalam laga sisa yang ini pun amat sulit. Apalagi Louvre dan Bali United masih akan bertemu. 

Berikut ini peluang tim-tim yang lolos ke play-off menurut perkiraan Republika.co.id.

Divisi Putih

West Bandits Solo

Tim asuhan Raoul Miguel Hadinoto sudah mengumpulkan lima kemenangan dari 12 pertandingan, sementara pesaing terdekatnya NSH Mountain Gold baru mendapatkan dua kemenangan. Padahal hanya tersisa empat gim lagi di regular season untuk kedua tim ini.

Ini artinya West Bandits hanya butuh satu kemenangan lagi untuk memastikan ke play-off. Andai NSH bisa menyapu bersih semua laga sisa, catatan menang kalah kedua tim akan sama. West Bandits akan keluar sebagai pemenang karena unggul dalam head to head.

West Bandits berturut-turut akan melawan Satya Wacana Saints Salatiga (6/4), Louvre Dewa United (7/4), Pacific Caesar (9/4), dan Prawira Bandung (10/4). Widiyanta Putra Teja dkk bisa saja dijegal Saints Salatiga dan Louvre karena mereka juga tengah berjuang mengamankan tiket play-off di Divisi Merah. Namun kalah dari Pacific, tim yang baru meraih satu kemenangan dan sudah pasti tak masuk play-off, rasanya sulit diterima.

Unggul materi pemain dan motivasi para pemain West Bandits yang berlipat untuk menang karena memburu tiket berlaga di fase gugur akan jadi kekuatan mereka. Namun, menilik jadwal, bisa jadi sebelum melawan Saints Salatiga, West Bandits sudah memastikan tiket play-off karena NSH kemungkinan sudah menelan kekalahan.

Peluang: 85 persen  

NSH Mountain Gold

NSH butuh sapu bersih empat gim tersisa sambil berharap West Bandits terjegal. Masalahnya, NSH akan menghadapi du tim di Divisi Merah yang tengah berjuang merebut tiket play-off. Tim asuhan AF Rinaldo akan meladeni Amartha Hangtuah (5/4), Bima Perkasa Jogja (6/4), Louvre Dewa United (8/4), dan Satya Wacana Saints Salatiga (9/4).

Peluang NSH dijegal Bima Perkasa dan Louvre terbuka lebar. Butuh keajaiban bagi Andre Rorimpandey dkk untuk bisa sapu bersih kemenangan. Perlu keajaiban kedua agar West Bandits juga kalah dalam semua laga sisanya. Namun West Bandits punya satu laga sisa melawan Pacific Caesar. Secara kekuatan, Pacific masih di bawah West Bandits. Jadi, hanya keajaiban semata yang bisa membawa NSH ke play-off.

Peluang: 15 persen

photo
Klasemen Divisi Putih IBL 2021 - (IBL Indonesia)

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA