Jumat 02 Apr 2021 12:33 WIB

Asap Terlihat Lagi di Kilang Balongan, Ini Kata Pertamina

Pertamina menduga masih ada minyak yang terperangkap dalam lipatan dinding plat tanki

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Dwi Murdaningsih
Sempat dinyatakan padam, titik api dan kepulan asap masih terlihat di Pertamina Balongan Indramayu, Jumat (2/4) pukul 09.00 WIB.
Foto: Republika/Lilis Sri Handayani
Sempat dinyatakan padam, titik api dan kepulan asap masih terlihat di Pertamina Balongan Indramayu, Jumat (2/4) pukul 09.00 WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Asap hitam kembali terlihat membumbung di kawasan kilang Balongan, pasca insiden kebakaran Senin (29/3) dini hari. Saat ini Pertamina mengaku masih melakukan proses pemadaman dan pendinginan.

SVP Coorporate Communication Pertamina Agus Suprijanto menjelaskan kemungkinan timbulnya kembali asap karena adanya titik api yang terpicu karena masih ada minyak yang terperangkap dalam lipatan dinding plat tanki.

Baca Juga

"Hingga saat ini kami masih tetap melakukan pendinginan dan pengawasan di area tanki T-301 sambil memastikan tidak ada potensi api akan muncul lagi, termasuk dari minyak yang kemungkinan masih terperangkap dalam lipatan dinding plat tanki yang telah dipadamkan. Peralatan pemadam dan foam tetap standby disekitar area tanki," ujar Agus, Jumat (4/2).

Agus juga menjelaskan jika ada titik api yg mungkin muncul kembali memang sudah diantisipasi sebagai bagian dari proses pendinginan. Pengawasan 24 jam terus dilakukan dan Offensive fire fighting segera dilakukan apabila ditemui ada titik api yang muncul kembali.

"Mohon dukungan dan doa dari seluruh masyarakat Indonesia agar kami dapat menangani insiden ini hingga benar-benar aman," ujar Agus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement