Rabu 31 Mar 2021 18:01 WIB

Pengadaan 1 Juta Kompor Induksi, PLN Gandeng 9 BUMN Karya

Rumah untuk masyarakat akan ada bundling dengan penggunaan kompor listrik

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Gita Amanda
 PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) bekerja sama dengan 9 BUMN Karya untuk memanfaatkan pasokan listrik untuk bisa digunakan semaksimal mungkin.
Foto: PLN
PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) bekerja sama dengan 9 BUMN Karya untuk memanfaatkan pasokan listrik untuk bisa digunakan semaksimal mungkin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) bekerja sama dengan 9 BUMN Karya untuk memanfaatkan pasokan listrik untuk bisa digunakan semaksimal mungkin. Selain memasok kebutuhan listrik operasional konstruksi, yang dilakukan 9 BUMN ini juga kerja sama untuk memasifkan pengadaan 1 juta kompor induksi.

Bertempat di Kementerian BUMN, penandatanganan ini dilakukan oleh Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini dengan Direktur Utama BTN, Haru Koesmahargyo, Direktur PT Wijaya Karya (Persero) Tbk Agung Budi Waskito, Direktur Utama Adhi Karya (Persero) Tbk Entus Asnawi, Direktur Utama PT Pembangunan Perumahan (Persero) Lukman Hidayat, Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk Destiawan Soewardjono, Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Tbk Budi Harto, Direktur Utama PT Nindya Karya (Persero) Haedar A. Karim, Direktur Utama PT Amarta Karya (Persero) Nikolas Agung RS, Direktur Utama PT Brantas Abipraya (Persero) Bambang E. Marsono, dan Direktur Utama Perum Perumnas Budi Saddewa Soediro. Penandatanganan yang berlangsung pada Rabu (31/3) ini disaksikan langsung oleh Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Baca Juga

Dalam sambutannya, Menteri BUMN menyampaikan bahwa sinergi ini merupakan langkah konkrit dari BUMN dalam upaya mendorong peningkatan ketahanan energi nasional yaitu dengan memastikan penyerapan energi dalam negeri.

"Melalui sinergi BUMN dalam mendorong gerakan penggunaan kompor induksi, dapat mengurangi biaya impor energi dan mewujudkan kemandirian dan ketahanan energi nasional. Program ini sangat bermanfaat bagi berbagai kalangan sehingga perlu digaungkan secara berkelanjutan dengan skala yang lebih besar, " ujar Erick.

photo
PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) bekerja sama dengan 9 BUMN Karya untuk memanfaatkan pasokan listrik untuk bisa digunakan semaksimal mungkin. - (PLN)

 

Sementara itu Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini menjelaskan, saat ini pemerintah punya program rumah untuk masyarakat yang melibatkan 9 BUMN. Nantinya, ketika rumah-rumah ini sudah jadi, maka bisa langsung bundling dengan penggunaan kompor listrik.

"Ini momentum baik mendorong ketahanan energi nasional untuk menyerap reserve margin listrik nasional sebesar 50 persen. Untuk masyarakat beralih ke kompor listrik. Melalui kerja sama ini maka bisa menjadi jalan tengah untuk masuk ke masyarakat," ujar Zulkifli dalam konferensi pers di Kementerian BUMN, Rabu (31/3).

Zulkifli berharap,  dengan kesepakatan dengan para BUMN Karya ini, maka program konversi kompor ini bisa berjalan dengan cepat. Apalagi PLN punya target realisasi konversi kompor induksi sebanyak 1 juta di tahun ini.

"Dengan kesepakatan tersebut untuk mendorong kompor induski yang akan dibangun yang bisa juga bisa langsung mengkonversi kompor ini. Ini semoga bisa didukung penuh dengan MoU yang disepakati," ujar Zulkifli.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement