Selasa 30 Mar 2021 13:01 WIB

Adik Kim Jong-un Kecam Presiden Korsel karena Kritik Rudal

Korut meluncurkan dua rudal balistik ke laut di wilayah dekat Jepang.

Rep: Puti Almas/ Red: Nur Aini
Adik Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, Kim Yo-jong
Foto: AP Photo/Patrick Semansky
Adik Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, Kim Yo-jong

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL — Saudara perempuan dari pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un, Kim Yo-jong mengecam Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in yang menyampaikan kritik atas uji coba rudal terbaru dari negara terisolasi itu. 

Dalam pernyataan yang dirilis media pemerintah Korut KCNA, Kim Yo-jong menyarankan negaranya bersama dengan Korsel dan Amerika Serikat (AS) tidak saling membuat rintangan untuk melakukan pembicaraan. Sebelumnya, Korut meluncurkan dua rudal balistik ke laut di wilayah dekat Jepang. 

Baca Juga

Dilansir Asia One, langkah Korut menunjukkan kemajuan stabil dalam program senjata negara itu sekaligus meningkatkan tekanan untuk AS. Setelah peluncuran rudal, Moon Jae-in mengatakan bahwa negaranya bersama Korut dan Washington harus melakukan upaya untuk melanjutkan dialog. 

Kim Yo-jong menyebut bahwa pernyataan dari Moon Jae-in adalah hal yang memalukan. Ia menilai apa yang dikatakan seorang pemimpin Korsel adalah bentuk persetujuan terhadap AS yang mengecam program rudal nuklir dan balistik Korut. 

“Perilaku tidak masuk akal dan terlihat tidak sopan Korsel persis sama dengan logika AS,” ujar Kim Yo-jong. 

Korut meluncurkan jenis baru dari rudal balistik taktis jarak pendek. Presiden AS Joe Biden mengatakan hal itu melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB, namun menegaskan negaranya tetap terbuka untuk berdiplomasi dengan Pyongyang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement