Selasa 30 Mar 2021 12:50 WIB

Kapal Hong Kong yang Pertama Lewat Terusan Suez Usai Blokade

Sebanyak 113 kapal akan melewati Terusan Suez di kedua arah pada Selasa pagi.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Nur Aini
Sebuah kapal kontainer mulai bergerak di Terusan Suez, Mesir, 29 Maret 2021.
Foto: EPA-EFE/KHALED ELFIQI
Sebuah kapal kontainer mulai bergerak di Terusan Suez, Mesir, 29 Maret 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO - Kapal pertama berhasil menyeberangi Terusan Suez usai hampir sepekan terblokade oleh Kapal raksasa Ever Given. Kapal pertama yang dilaporkan adalah kapal kargo berbendera Hong Kong dengan nama YM Wish.

The New York Times melaporkan bahwa YM Wish diizinkan melalui jalur air tersebut sekitar pukul 01.15 GMT, menuju ke Laut Merah dan pelabuhan Saudi di Jeddah. Menurut MarineTraffic.com, banyak kapal mengikuti penyeberangan saluran YM Wish yang sukses. 

Baca Juga

Seperti dilansir laman Sputnik, sebelumnya kepala Otoritas Terusan Suez Osama Rabie mengatakan, bahwa pada Selasa (30/3) pukul 8.00 pagi, sebanyak 113 kapal akan melewati kanal di kedua arah.

"Tampaknya YM WISH akan menjadi kapal kontainer pertama yang keluar dari Terusan #Suez. #SuezLiveonMT," tulis akun MarineTraffic di Twitter.

Mega-kapal Ever Given berhasil diapungkan kembali pada Senin (29/3) waktu setempat. Keberhasilan itu memungkinkan navigasi di Terusan Suez untuk akhirnya dilanjutkan. 

Menurut otoritas Terusan Suez, kapal tersebut meninggalkan bagian kanal yang sempit dan memasuki danau di bagian tengahnya. Kecelakaan itu terjadi ketika kapal raksasa, dengan berat 224.000 ton dan panjang 400 meter kandas di tengah angin kencang dan badai pasir yang mempengaruhi jarak pandang. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement