Monday, 30 Sya'ban 1442 / 12 April 2021

Monday, 30 Sya'ban 1442 / 12 April 2021

Tips Persiapan Touring Aman dan Nyaman dengan Motor

Ahad 28 Mar 2021 09:49 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Touring roda dua. ilustrasi

Touring roda dua. ilustrasi

Foto: dok Forwot
Safety riding harus diperhatikan selama touring.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Penyanyi dan penyiar Eddi Brokoli berbagi tips berkendara dan touring aman mengendarai sepeda motor. Eddi yang merupakan "anak motor" ini sering melakukan touring jarak jauh.

Eddi yang sangat memperhatikan safety riding pun berbagi pengalaman hal-hal apa saja yang wajib diperhatikan selama melakukan perjalanan. Khususnya bagi para penggemar touring pemula.

"Yang pasti safety riding nomor satu, kalau jarak jauh helm harus full face, ini untuk menghindari impact, amit-amit kalau sampai terjadi kecelakaan," ujar Eddi saat berbincang di Eiger Flagship Store, Bandung, belum lama ini.

Baca Juga

Jaket dan celana yang digunakan pun harus sesuai standar berkendara. Sebisa mungkin memiliki protektor agar terhindar dari benturan.

"Kalau pakai protektor paling tidak terlindungi. Lututkan bisa kena motor orang atau mobil yang berlawanan. Kalau jatuh itu lutut duluan yang kena sama sikut, kalau punggung jarang sih," kata mantan vokalis band Harapan Jaya itu.

Brand ambassador Eiger Adventures ini mengatakan dalam memilih sepatu, gunakanlah yang menutupi mata kaki. Selain itu, selalu sedia jas hujan sekalipun sedang musim kemarau atau cuaca cerah.

Eddi mengingatkan agar selalu membawa baju, jaket, dan sepatu cadangan sebagai persiapan jika tiba-tiba terjadi hujan dan belum sempat menggunakan jas hujan."Boots cover juga jangan lupa buat menutup sepatu karena kaki kalau kehujanan terus berkendara berjam-jam rasanya enggak nyaman. Kalau enggak nyaman konsentrasi juga akan menurun," kata Eddi.

Eddi juga mengatakan jika melakukan perjalanan jarak yang jauh, sebaiknya tidak menggunakan tas punggung. Sebab hal ini hanya akan membuat tubuh menjadi cepat lelah."Karena capek nanti punggungnya, kita jalan berliku tapi punggung juga harus menanggung beban. Simpan barang-barangnya di side box, paling barang-barang yang penting aja yang di waist bag," ujar Eddi.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA