Sabtu 27 Mar 2021 20:29 WIB

Persija Cukur Borneo FC 4-0

Borneo FC tersingkir dari Grup B Piala Menpora 2021.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
 Selebrasi pemain Persija Jakarta Osvaldo Haay setelah menjebol gawang Borneo FC dalam pertandingan babak penyisihan Grup B, Piala Menpora 2021 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur pada Sabtu (27/3/2021).
Foto: Dok. Persija Jakarta
Selebrasi pemain Persija Jakarta Osvaldo Haay setelah menjebol gawang Borneo FC dalam pertandingan babak penyisihan Grup B, Piala Menpora 2021 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur pada Sabtu (27/3/2021).

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Persija Jakarta tampil impresif pada laga kedua Grup B Piala Menpora 2021. Skuat Macan Kemayoran menaklukkan Borneo FC 4-0 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (27/3) malam WIB.

Tensi pertandingan langsung meninggi sejak duel dimulai. Hingga 10 menit berlalu, belum ada peluang emas tercipta.

Baca Juga

Pada menit ke-15, Persija mendapat tendangan bebas di depan kotak penalti Pesut Etam. Marko Simic menjadi algojo. Sepakan keras sang bomber membentur pagar hidup para pemain Borneo.

Semenit kemudian, Simic kembali mendulang peluang. Kali ini lewat tandukan. Upaya penyerang asal Kroasia itu bisa ditangkis kiper Gianluca Pandeynuwu.

Pada menit ke-18, giliran Borneo FC memiliki kans lewat freekick. Guy Junior yang menjadi eksekutor kurang efektif dalam memanfaatkan situasi tersebut. Sepakan striker asal Kamerun itu melambung dari sasaran.

Beberapa detik sebelum water break, Macan Kemayoran memperoleh peluang terbaik. Kali ini lewat sundulan Ramdani Lestaluhu. Lagi-lagi Gianluca tampil garang menangkap bola yang mengarah ke gawangnya.

Dalam 15 menit terakhir menuju jeda, Persija melakan serangan secara sporadis. Simic nyaris membuat pasukan ibukota  memimpin pada injury time babak pertama.

Barulah beberapa detik sebelum turun minum Marco Motta membuat Macan Kemayoran unggul. Sundulan eks pemain Juventus itu merobek jala Pesut Etam.

Babak kedua baru berlangsung dua menit, petaka datang untuk Persija. Sang pencetak gol, nampak memegang pahanya seperti merasakan kesakitan. Motta pun ditarik keluar. Sebagai gantinya pelatih Sudirman memasukkan Riko Simanjuntak.

Pada menit ke-50, Macan Kemayoran menjauh. Situasi bermula dari umpan jauh kiper Andritany Ardhiyasa yang mengarah ke lini belakang Borneo FC. Bola sempat dihalau oleh seorang pemain lawan. Namun bola tersebut justru jatuh di depan Osvaldo Haay. Eks Persebaya Surabaya itu lantas menggiringnya, dan dengan tenang menaklukkan Gianluca.

Lima menit kemudian Gianluca ditarik keluar. Sebagai gantinya Mario Gomez memasukkan Angga Saputro.  Memasuki satu jam pertandingan, Persija semakin menjadi-jadi. 

Kombinasi Tony Sucipto, Ramdani, dan Osvaldo terus mengacak-acak pertahanan anak-anak Borneo.Laskar Pesut Etam memiliki dua kans untuk memperkecil ketertinggalan pada menit ke-61 dan 63. Masing-masing lewat tandukan Wildansyah, dan Fajar Fathur Rahman. Namun angka di papan skor belum berubah.

Justru pada menit ke-65, Persija menambah keunggulan menjadi 3-0. Kali ini lewat sundulan Yann Motta memanfaatkan umpan sepak pojok Marc Klok.

Setelahnya Borneo menaikkan garis pertahanan. Skuat polesan Mario Gomez berupaya melakukan pressing ke pertahanan lawan.  Akan tetapi Persija nyaris memperlebar jarak pada menit ke-80. Umpan crossing Riko disambar Simic. Bola hasil tendangan sang bomber menyamping tipis dari tiang gawang Angga Saputro.

Empat menit berselang, Simic kembali membuang-buang peluang. Ia tak mampu menaklukkan Angga dari jarak dekat. Barulah pada menit ke-88, striker asal Kroasia itu berhasil mencatatkan namanya di papan skor, setelah mendapat umpan terukur Osvaldo.

Di sisa waktu tak terlihat perubahan berarti. Kedudukan 4-0 untuk Persija bertahan hingga pertandingan usai. Dengan demikian Macan Kemayoran naik ke posisi ketiga klasemen sementara Grup B. Di sisi lain, hasil ini membuat Borneo FC tersingkir.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement