Kamis 25 Mar 2021 16:35 WIB

Pakistan Terima Surat 'Cinta' dari India, Redakan Konflik?

Pakistan menerima surat niatan baik India untuk redakan konflik

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Nashih Nashrullah
Pakistan menerima surat niatan baik India untuk redakan konflik. Ilustrasi bendera India dan Pakistan
Foto: freepresskashmir.com
Pakistan menerima surat niatan baik India untuk redakan konflik. Ilustrasi bendera India dan Pakistan

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD—Perdana Menteri Pakistan Imran Khan mengatakan menerima surat ‘niat baik’ dari pemimpin India Narendra Modi, kata seorang menteri senior Pakistan. 

Menyusul kedatangan surat itu, hubungan antara negara bertetangga yang telah berperang sejak 1947 dan meningkat pada 2019 itu, diklaim telah mencair.

Baca Juga

Asad Umar, seorang menteri senior Pakistan, dalam sebuah postingan di Twitter menyambut surat Modi, menyebutnya sebagai "pesan niat baik". Dia menambahkan bahwa Khan telah mengungkapkan keinginannya untuk Asia Selatan yang damai.

Pesan dari Modi tiba pada Hari Republik Pakistan, 23 Maret, dan mengikuti serangkaian gerakan dan pernyataan yang menandakan pemulihan hubungan. Kedua belah pihak sedang mengadakan pembicaraan, bersama  beberapa pejabat Pakistan di New Delhi.

Pekan lalu, kepala tentara berpengaruh Pakistan meminta kedua belah pihak untuk mengubur dendam masa lalu. Bulan lalu, militer kedua negara juga merilis pernyataan bersama yang mengumumkan gencatan senjata di sepanjang perbatasan yang disengketakan di Kashmir, setelah baku tembak ratusan kali dalam beberapa bulan terakhir.

Publikasi India Times of India melaporkan surat Modi yang mengutip kantor berita Press Trust of India. Mengutip dari surat tersebut, surat kabar Pakistan Dawn mengatakan Modi telah menulis bahwa, "India menginginkan hubungan yang baik dengan rakyat Pakistan" dan "untuk ini, lingkungan kepercayaan, tanpa teror dan permusuhan, sangat penting."   

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement