Friday, 27 Zulhijjah 1442 / 06 August 2021

Friday, 27 Zulhijjah 1442 / 06 August 2021

Pakistan Terima Surat 'Cinta' dari India, Redakan Konflik?

Kamis 25 Mar 2021 16:35 WIB

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Nashih Nashrullah

Pakistan menerima surat niatan baik India untuk redakan konflik. Ilustrasi bendera India dan Pakistan

Pakistan menerima surat niatan baik India untuk redakan konflik. Ilustrasi bendera India dan Pakistan

Foto: freepresskashmir.com
Pakistan menerima surat niatan baik India untuk redakan konflik

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD—Perdana Menteri Pakistan Imran Khan mengatakan menerima surat ‘niat baik’ dari pemimpin India Narendra Modi, kata seorang menteri senior Pakistan. 

Menyusul kedatangan surat itu, hubungan antara negara bertetangga yang telah berperang sejak 1947 dan meningkat pada 2019 itu, diklaim telah mencair.

Baca Juga

Asad Umar, seorang menteri senior Pakistan, dalam sebuah postingan di Twitter menyambut surat Modi, menyebutnya sebagai "pesan niat baik". Dia menambahkan bahwa Khan telah mengungkapkan keinginannya untuk Asia Selatan yang damai.

Pesan dari Modi tiba pada Hari Republik Pakistan, 23 Maret, dan mengikuti serangkaian gerakan dan pernyataan yang menandakan pemulihan hubungan. Kedua belah pihak sedang mengadakan pembicaraan, bersama  beberapa pejabat Pakistan di New Delhi.

Pekan lalu, kepala tentara berpengaruh Pakistan meminta kedua belah pihak untuk mengubur dendam masa lalu. Bulan lalu, militer kedua negara juga merilis pernyataan bersama yang mengumumkan gencatan senjata di sepanjang perbatasan yang disengketakan di Kashmir, setelah baku tembak ratusan kali dalam beberapa bulan terakhir.

Publikasi India Times of India melaporkan surat Modi yang mengutip kantor berita Press Trust of India. Mengutip dari surat tersebut, surat kabar Pakistan Dawn mengatakan Modi telah menulis bahwa, "India menginginkan hubungan yang baik dengan rakyat Pakistan" dan "untuk ini, lingkungan kepercayaan, tanpa teror dan permusuhan, sangat penting."   

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA