Rabu 24 Mar 2021 09:58 WIB

Bertemu S&P, Airlangga Klaim Ekonomi RI Pulih Tahun Ini

Lembaga rating S&P mengubah outlook Indonesia dari stabil ke negatif.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Nidia Zuraya
Standard & Poor’s
Standard & Poor’s

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menerima delegasi lembaga pemeringkat kredit Standard & Poor Global Rating (S&P) secara virtual pada Selasa (23/3). Pertemuan itu dinila penting, karena sebelumnya pada 17 April 2020 lalu, lembaga rating S&P mengubah outlook Indonesia dari ‘stabil’ ke ‘negatif’ meskipun tidak mengubah peringkat kredit Indonesia pada posisi BBB.

Dalam pertemuan tersebut, Menko Perekonomian menjelaskan, ekonomi Indonesia diproyeksikan pulih pada 2021. Hal itu sejalan dengan proyeksi berbagai lembaga internasional. 

Baca Juga

Ketersediaan vaksi dinilai akan meningkatkan optimisme pemulihan. Lebih lanjut, Airlangga menyampaikan strategi kebijakan akan difokuskan pada empat faktor utama penggerak perekonomian yaitu konsumsi rumah tangga, investasi, belanja pemerintah, dan ekspor.

“Pemerintah terus mengalokasikan Anggaran Penanganan Covid-19 dan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) pada 2021 yang mencapai Rp 699,4 triliun atau sekitar 49,6 miliar dolar AS. Program tersebut mencakup sektor kesehatan dan perlindungan sosial, dukungan UMKM dan pembiayaan perusahaan, serta insentif bisnis. Selain itu, terdapat berbagai program prioritas dalam upaya mendorong penciptaan lapangan kerja,” tuturnya dalam keterangan resmi, Selasa (23/3).

Selain alokasi anggaran PC-PEN, pemerintah fokus pada percepatan program vaksinasi dalam upaya membentuk herd immunity. “Untuk mendukung program vaksinasi, pemerintah telah menerapkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Skala Mikro (PPKM) di 15 provinsi,” ujar dia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement