Rabu 17 Mar 2021 21:58 WIB

Courtney Love Pernah Hampir Meninggal karena Anemia

Tahun lalu, Courtney Love terbaring di rumah sakit dan menderita anemia.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Tahun lalu, Courtney Love terbaring di rumah sakit dan menderita anemia.
Foto: EPA
Tahun lalu, Courtney Love terbaring di rumah sakit dan menderita anemia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Courtney Love terbuka tentang perjuangan kesehatannya, dan mengaku bahwa ia hampir meninggal tahun lalu karena anemia. Penyanyi berusia 56 tahun itu berbicara tentang pengalaman mengerikan itu dalam sebuah unggahan di Instagram.

"Teman-teman, aku pernah sedih, dan sangat sakit. Lemah, dalam rasa sakit yang tak terlukiskan dan pada Agustus dengan berat 43 kilogram hampir meninggal di rumah sakit karena anemia," kata Love seperti dilansir dari People pada Rabu (17/3).

Baca Juga

Love sudah ditangani beberapa dokter namun tidak ada hasil memuaskan, dan malah dicap sebagai pecandu. Hingga akhirnya ia menemukan dokter yang digambarkan sebagai seorang yang bijak dan penuh empati.

"Saya sangat bersyukur, karena pada akhirnya masalah kesehatan saya tertangani," kata Love.

Sejak perjuangannya sembuh dari penyakit itulah, Love juga sadar ihwal pentingnya memiliki rasa empati. Dia juga meyakinkan para penggemarnya bahwa saat ini dirinya dalam fisik dan kesehatannya dalam kondisi yang sangat baik. Dalam unggahannya, Love juga berterima kasih kepada aktor Woody Harrelson yang pertama kali memperkenalkannya pada banyak penggunaan rami.

Menurut Mayo Clinic, anemia adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh kurangnya sel darah merah di dalam tubuh sehingga menyebabkan aliran oksigen ke organ berkurang. Faktor yang dapat meningkatkan risiko anemia antara lain gen keluarga, kondisi kronis, dan gangguan usus seperti penyakit Crohn, yang ditambahkan Love sebagai tagar di postingannya.

Pada 2015, Love mengungkapkan bahwa mendiang suaminya, Kurt Cobain, telah mencari pengobatan untuk penyakit Crohn sambil berjuang dengan sakit perut kronis.

"Ada yang salah dengan kesehatannya, tapi saat itu kami memiliki manajer muda yang baru sebentar bersama kami. Dia benar-benar tidak bertanggung jawab," kata Love saat pemutaran film dokumenter HBO Kurt Cobain: Montage of Heck.

"Saya pikir Cobain seharusnya pergi ke Mayo Clinic atau apa pun untuk berobat. Dan ketika orang-orang mengabaikan masalah perutnya, seperti yang pernah dilakukan manajernya, aku menjambak rambutnya, dan aku berkata: Kamu pikir itu palsu? Saya sangat marah," kenang dia.

Love dan Cobain dikaruniai seorang putri bernama Francis Bean Cobain. Pelantun "Come As You Are" itu meninggal karena bunuh diri pada tahun 1994 pada usia 27 tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement