Sabtu 13 Mar 2021 09:23 WIB

Kapal Kontainer Iran Diserang di Mediterania

Teheran akan mengambil tindakan hukum untuk mengidentifikasi pelaku.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Teguh Firmansyah
Kapal tanker Iran (ilustrasi).
Foto: Satellite image ©2019 Maxar Technologies via
Kapal tanker Iran (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI -- Perusahaan pelayaran yang dikelola pemerintah Iran menyatakan, sebuah kapal kontainer Iran rusak akibat diserang di Mediterania, Jumat (12/3). Teheran akan mengambil tindakan hukum untuk mengidentifikasi para pelaku terorisme dan pembajakan angkatan laut.

Kapal Shahr e Kord mengalami kerusakan ringan dalam insiden akibat peledak pada Rabu (10/3). Ledakan tersebut, menurut juru bicara Ali Ghiasian, menyebabkan kebakaran kecil, tetapi tidak ada seorang pun di dalamnya yang terluka.

Baca Juga

"Tindakan teroris tersebut merupakan pembajakan angkatan laut, dan bertentangan dengan hukum internasional tentang keamanan pelayaran komersial, dan tindakan hukum akan diambil untuk mengidentifikasi pelakunya melalui lembaga internasional yang relevan," kata Ghiasian.

Kapal itu sedang menuju ke Eropa ketika serangan terjadi dan akan berangkat ke tujuannya setelah perbaikan. Data pelacakan kapal Refinitiv menunjukkan, kapal berbendera Iran terakhir kali melaporkan posisinya di lepas pantai Suriah pada 10 Maret saat menuju pelabuhan Suriah Latakia.

Dua sumber keamanan maritim mengatakan indikasi awal adalah bahwa kapal kontainer Iran sengaja diincar oleh sumber yang tidak diketahui. Insiden itu terjadi dua pekan setelah kapal milik Israel, MV HELIOS RAY terkena ledakan di Teluk Oman.

Serangan terhadap kapal milik Israel pun belum diketahui pasti penyebabnya. Tel Aviv menuduh Iran berada di balik ledakan itu, tetapi tuduhan yang dibantah oleh Teheran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement