Jumat 12 Mar 2021 11:40 WIB

The Weeknd tak Sudi Lagunya Dikirim ke Grammy

The Weeknd melarang labelnya mengirim karya-karyanya ke Grammy Awards.

Rep: Puti Almas/ Red: Nora Azizah
The Weeknd melarang labelnya mengirim karya-karyanya ke Grammy Awards.
Foto: Wikimedia
The Weeknd melarang labelnya mengirim karya-karyanya ke Grammy Awards.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- The Weekend mengumumkan tidak akan mengizinkan label mengirimkan karya musiknya untuk Grammy Awards. Penyanyi yang memiliki nama lahir Abel Tesfaye ini mengambil langkah untuk memboikot acara penghargaan tersebut setelah album After Hours dan single hit Blinding Lights dicabut dari nominasi di ajang penghargaan tersebut. 

“Karena komite rahasia, saya tidak akan lagi mengizinkan label untuk mengirimkan musik saya ke Grammy,” ujar Tesfaye, dilansir People, Jumat (12/3). 

Baca Juga

Menanggapi pernyataan The Weeknd, Harvey Mason, kepala eksekutif sementara Recording Academy mengatakan bahwa pihaknya kecewa ketika ada yang tidak menerima keputusan penyelenggara ajang musik terbesar ini. Meski demikian, ia menegaskan bahwa akan terus melanjutkan acara sesuai dengan ketentuan.

“Dari tahun ini, seperti tahun-tahun sebelumnya, kami akan melihat dengan cermat cara meningkatkan proses penghargaan kami, termasuk komite peninjau nominasi," jelas Mason.

Recording Academy telah mendapatkan raaksi keras dari sejumlah musisi lainnya seperti Drake dan Frank Ocean. Pihak penyelenggara Grammy dilaporkan melakukan sejumlah upaya untuk mendiversifikasi keanggotaan, diantaranya dengan mempekerjakan petugas dari beragam latar belakang,serta membawa lebih banyak perempuan untuk berperan, juga orang kulit berwarna. 

Pernyataan baru The Weeknd muncul beberapa bulan setelah penyanyi asal Etiopia-Kanada itu menuduh bahwa Recording Academy melakukan ‘korupsi’ ketika karya musiknya sama sekali tidak masuk dalam nominasi tahun ini. Setelah daftar nominasi terungkap, Tesfaye memecah kebisuannya dengan mengkritik acara penghargaan tersebut.

"The Grammy tetap korup. Anda berhutang padaku, penggemarku dan transparansi industri,” tulis The Weekend.

Tidak lama setelah protes dari The Weeknd, sejumlah musisi lainnya termasuk Drake dan Halsey memberikan dukungan. Mereka juga mengkritik acara penghargaan tersebut. 

Pada akhir Januari, The Weekend menyatakan bahwa tiga Grammy miliknya yang diberikan untuk karya lagu Starboy, Beauty Behind the Madness dan Earned It  tidak berarti apapun. Mantan kekasih Selena Gomez itu kemudian mengatakan bahwa secara pribadi tidak peduli tentang situasi yang terjadi.

“Saya punya tiga Grammy, yang jelas tidak berarti apa-apa bagiku sekarang. Ini tidak seperti, 'Oh, aku ingin Grammy!' Hanya saja ini yang terjadi, dan saya turun untuk berada di depan api, selama tidak pernah terjadi lagi,” jelas The Weeknd.

Grammy Awards 2021 akan disiarkan langsung dari Los Angeles, Amerika Serikat (AS) pada Ahad (14/2) pukul 20.00 waktu setempat. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement