Saturday, 21 Zulhijjah 1442 / 31 July 2021

Saturday, 21 Zulhijjah 1442 / 31 July 2021

3 Hal Penting Mengasuh Anak di Masa Pandemi

Rabu 10 Mar 2021 23:12 WIB

Red: Nora Azizah

Setidaknya ada tiga hal yang harus diperhatikan dalam mengasuh anak selama pandemi.

Setidaknya ada tiga hal yang harus diperhatikan dalam mengasuh anak selama pandemi.

Foto: www.freepik.com
Setidaknya ada tiga hal yang harus diperhatikan dalam mengasuh anak selama pandemi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pakar dari RSIA Tumbuh Kembang Depok mengatakan setidaknya ada tiga hal yang harus diperhatikan oleh orang tua dalam merawat anak di tengah pandemi COVID-19. Tak hanya nutrisi, ada hal lain yang tak bisa diabaikan.

"Nutrisi menjadi kebutuhan anak agar pertumbuhan tubuh anak dapat sesuai dengan usianya," kata dr Miza Dito Afrizal, Sp.A, BmedSci, M.Kes, Rabu (10/3).

Baca Juga

Pemenuhan nutrisi anak juga dapat menjaga kesehatan tubuh anak yang memang harus dijaga agar selalu bugar terlebih di masa pandemi yang penuh dengan ancaman virus. Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah imunisasi.

Imunisasi menjadi penting dalam merawat anak di tengah pandemi untuk memastikan agar kekuatan antibodinya dapat bekerja dengan baik jika tubuhnya diserang oleh bakteri atau pun virus. Sementara hal ketiga yang harus diperhatikan dan menjadi sangat penting di masa pandemi COVID-19 adalah sosialisasi.

"Hal terakhir ini tidak ada panduannya, setiap hari ada yang mengeluh akibat pandemi anak- anak dikhawatirkan tidak bisa bersosialiasi. Padahal kegiatan sosialisasi itu rupanya bisa digantikan oleh anggota keluarga yang ada di rumah," ujar Miza.

Di masa pandemi COVID-19, bagi orang tua yang merupakan pegawai kantoran sehingga harus melakukan kerja dari rumah itu adalah kesempatan yang bagi untuk mendampingi anaknya bersosialisasi. Jangan membiasakan mendiamkan anak saat ia harus dirumah saja sementara orang tuanya bekerja. Rupanya kebiasaan membiarkan anak untuk main sendiri bukanlah opsi yang baik untuk perkembangan anak di masa mendatang.

"Sebisa mungkin ketika Work From Home kita berikan waktu untuk anak. Jadilah teman bagi anak. Hal ini penting terutama untuk anak- anak berusia 1-5 tahun. Mereka harus dapat social experience ketika nanti sudah tidak pandemi, mereka tahu cara bersosialiasi dengan teman itu seperti apa," ujar Miza.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA