Wednesday, 9 Ramadhan 1442 / 21 April 2021

Wednesday, 9 Ramadhan 1442 / 21 April 2021

Kepala BNPT: Cegah Paham Radikal Harus Libatkan Semua Pihak

Jumat 26 Feb 2021 20:41 WIB

Red: Teguh Firmansyah

Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar

Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar

Foto: dokpri
Paham radikal dapat dicegah dengan langkah literasi dan edukasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAACEH -- Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Boy Rafli Amar mengatakan upaya pencegahan paham radikal terorisme tidak akan berhasil apabila hanya dilakukan oleh pemerintah dan BNPT. Pencegahan paham radikal harus melibatkan semua pihak.

"Harus melibatkan unsur pemuda, akademisi, paguyuban kesukuan, dan forum masyarakat untuk umat beragama. Melalui itu narasi kebangsaan ini akan semakin baik diterima masyarakat, terutama generasi muda," katanya saat menyambangi Kabupaten Aceh Tengah, Jumat.

Boy Rafli Amar menjelaskan bahwa paham radikal dapat dicegah dengan langkah literasi dan edukasi yang melibatkan seluruh elemen masyarakat, agar lahir sebuah pemahaman sama dalam menyikapi fenomena pengaruh paham ideologi bertentangan dengan Pancasila. Sebab itu, lanjut dia, diperlukan adanya sinergi dan dukungan pemerintah daerah, tokoh agama, serta tokoh adat dalam memperkuat sikap masyarakat dari propaganda radikal.

Baca Juga

"Karena kita harus menyelamatkan generasi muda kita ini dari pengaruh paham radikal intoleran, yang dewasa ini secara masif menggunakan media sosial dalam menyebarkan paham dan ideologinya. Ini yang harus bersama-sama kita mencegahnya," kata Boy.

Sementara itu, Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar mengatakan pemerintah daerah dan masyarakat kabupaten dataran tinggi Gayo tersebut sepenuhnya akan mendukung program deradikalisasi yang digagas BNPT. "Kita berharap ke depannya dapat terjalin semangat kerja sama, semangat toleransi, dan semangat persaudaraan guna mendukung terciptanya Indonesia yang aman dan damai," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA