Wednesday, 7 Syawwal 1442 / 19 May 2021

Wednesday, 7 Syawwal 1442 / 19 May 2021

Warga Texas Kesulitan Dapat Air Minum Setelah Badai Salju

Jumat 19 Feb 2021 18:08 WIB

Rep: Fergi Nadira/ Red: Friska Yolandha

Jutaan orang di negara bagian Texas menghadapi kekurangan air bersih setelah badai musim dingin melanda beberapa hari ini.

Jutaan orang di negara bagian Texas menghadapi kekurangan air bersih setelah badai musim dingin melanda beberapa hari ini.

Foto: AP PHOTO
Pejabat Texas memerintahkan 7 juta orang untuk merebus air keran sebelum meminumnya.

REPUBLIKA.CO.ID, AUSTIN -- Jutaan orang di negara bagian Texas menghadapi kekurangan air bersih setelah badai musim dingin melanda beberapa hari ini. Pipa-pipa air meledak, dan pabrik pengolahan air terganggu sehingga mengganggu layanan dan mencemari persediaan air akibat cuaca ekstrem.

Pejabat Texas memerintahkan 7 juta orang untuk merebus air keran sebelum meminumnya setelah beberapa hari suhu rendah yang merusak infrastruktur dan membekukan pipa. Gangguan terhadap pasokan air terjadi setelah badai musim dingin menyebabkan pemadaman listrik yang meluas.

Badai salju mendatangkan malapetaka pada jaringan listrik dan utilitas negara bagian sehingga menyebabkan jutaan orang tanpa listrik selama berhari-hari. Namun Gubernur Texas Greg Abbott mengatakan pada Kamis (18/2) sore bahwa semua pembangkit listrik di negara bagian itu kembali online.

Baca Juga

Meski demikian, ratusan ribu rumah masih tetap tanpa listrik karena kabel putus dan masalah lain karena cuaca dingin. Banyak dari 13 juta orang Texas masih merasakan gangguan dalam layanan air mereka.

Pusat medis juga terkena dampak kekurangan air bersih akibat badai salju. Rumah sakit di Austin dan Houston termasuk di antara mereka yang berjuang dengan gangguan pasokan air. 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA