Kamis 18 Feb 2021 11:16 WIB

IPC Tanjung Pandan Siapkan Fasilitas Bongkar Muat Elpiji

Keberadaan fasilitas ini diharapkan bisa mengurangi kelangkaan elpiji subsidi.

Petugas melakukan pengecekan stok tabung gas elpiji tiga kilogram. ilustrasi
Foto: ANTARA/Oky Lukmansyah
Petugas melakukan pengecekan stok tabung gas elpiji tiga kilogram. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BELITUNG -- Indonesian Port Corporation (IPC) atau PT Pelabuhan Indonesia (Persero) II menyiapkan fasilitas dermaga untuk mendukung kegiatan aktivitas bongkar muat elpiji di Pelabuhan Tanjung Pandan, Kepulauan BangkaBelitung. General Manager IPC Cabang Tanjung Pandan, Hambar Wiyadi mengatakan fasilitas tersebut terdiri dari satu dermaga, satu unit mesin pompa, dan pipa penyalur elpiji.

"Fasilitas sudah kami siapkan sejak lama dan kami juga sudah kerja sama kontrak dengan mitra, hanya sajainfonya sejauh ini masih menunggu izin dari Pertamina," katanya di Tanjung Pandan, Kamis (18/2).

Baca Juga

Menurut dia, ketika fasilitas tersebut beroperasi maka tidak akan ada lagi pengiriman tabung kosong terutama elpiji subsidi tiga kilogram menuju Pangkal Pinang untuk melakukan pengisian.

"Nanti sistemnya tabung tidak perlu lagi bawa ke sana. Kapal masuk tinggal suplai melalui pipa ke mobil tanki langsung di bawa ke tanki timbun di SPBE Badau, hanya saja sekarang masih nunggu kapan SPBE itu ada izin beroperasi," ujarnya.

Ia meyakini dengan menggunakan sistem tersebut dipastikan akan mengurangi kelangkaan elpiji terutama untuk ukuran tiga kilogram di wilayah itu. Selama ini, IPC Tanjung Pandan juga mendukung dan memprioritaskan pelaksanaan bongkar kapal-kapal pengangkut elpiji karena menyangkut kebutuhan masyarakat.

"Sampai saat ini bongkar muat elpiji di pelabuhan berjalan lancar tidak ada kendala kami "support" terus mungkin kelangkaan itu terkait di faktor distribusi," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement