Thursday, 16 Safar 1443 / 23 September 2021

Thursday, 16 Safar 1443 / 23 September 2021

Menkes: Wapres Contoh Baik Vaksinasi untuk Lansia

Rabu 17 Feb 2021 14:02 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Mas Alamil Huda

Wakil Presiden Ma

Wakil Presiden Ma

Foto: KIP/Setwapres
Wapres Ma'ruf Amin saat ini diketahui berusia 77 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut vaksinasi kepada Wakil Presiden Ma'ruf Amin adalah bagian dari upaya mensukseskan program nasional dalam mencapai kekebalan komunitas atau herd immunity. Wapres Ma'ruf Amin saat ini diketahui berusia 77 tahun.

Budi mengatakan, selain untuk melindungi diri sendiri dan orang sekitar, vaksinasi juga memiliki fungsi sosial yang jauh lebih besar. "Jadi Pak Wapres memberikan contoh yang sangat baik dari para lansia di Indonesia, mudah-mudahan bisa diikuti oleh para senior kita di Indonesia," kata Budi saat mendampingi Wapres menerima vaksin di rumah dinas Wapres, Jakarta, Rabu (17/2).

Pemerintah, kata Budi, telah menjadwalkan program vaksinasi kepada kelompok masyarakat usia lanjut (lansia) di atas 60 tahun. Tujuannya, agar lansia yang masuk kelompok berisiko tinggi terpapar Covid-19 itu bisa terlindungi.

"Sekali lagi mengucapkan terima kasih karena vaksinasi ini bukan hanya untuk melindungi kita, tapi melindungi juga keluarga kita, tetangga kita, seluruh rakyat Indonesia dan umat manusia di dunia," kata Budi.

Hal serupa diungkapkan Ketua Satgas Penanganan Covid-19 yang juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, jika program vaksinasi lansia merupakan salah satu program strategis. Ini karena lansia adalah salah satu kelompok yang sangat rentan terhadap Covid-19 ini disamping tenaga kesehatan.

Baca juga : 5 Hal yang Bisa Dialami Penyintas Covid-19

"Karenanya, memberikan vaksin kepada lansia adalah telah memberikan perlindungan kesehatan kepada kelompok lansia dan wapres adalah salah satu kelompok lansia di atas 70 tahun," ungkap Doni.

"Wapres telah memberikan contoh kepada kita semua untuk bersedia dilakukan vaksin. mudah-mudah-mudahan WNI yang masuk kelompok lansia atau rentan bisa ikut serta divaksin oleh petugas kesehatan," kata Doni lagi.

Wapres Ma'ruf Amin telah selesai menerima vaksin Coronavac buat Sinovac di rumah dinas Wapres, Jakarta, Rabu (17/2). Pelaksanaan vaksinasi Wapres dilakukan sekitar pukul 08.30 oleh Tim Dokter Kepresidenan yakni dr Dwi Edi Wahono Sp.DD, KGH.

Dalam video yang dibagikan Sekretariat Wakil Presiden, Wapres yang mengenakan kemeja lengan pendek lebih dahulu dicek kesehatan oleh Tim Dokter, seperti pengecekan suhu dan mengisi data sebelum disuntik oleh vaksinator. Turut hadiri mendampingi Wapres antara lain Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono, Ketua Satgas Penanganan Covid Doni Monardo.

Wapres usai divaksin juga mengaku tidak merasakan efek lanjutan pascavaksinasi. "Alhamdulilah baru saja saya sudah divaksin alhamdulillah tidak ada masalah, tidak sakit, tidak ada rasa pusing, biasa-biasa saja," kata Ma'ruf dalam keterangannya, Rabu (17/2).

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA