Sunday, 27 Ramadhan 1442 / 09 May 2021

Sunday, 27 Ramadhan 1442 / 09 May 2021

Amazon Buka Lini Manufaktur Pertamanya di India

Rabu 17 Feb 2021 12:31 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih

Logo Amazon.

Logo Amazon.

Foto: AP Photo/Michel Spingler, File
Amazon mengatakan akan mulai berinvestasi satu miliar dolar AS dalam bisnis di India.

REPUBLIKA.CO.ID, INDIA—Amazon membuka lini manufaktur pertamanya di India. Amazon menjalin kemitraan dengan Cloud Network Technology milik Foxconn, anak perusahaan raksasa elektronik Taiwan yang berbasis di India.

Kemitraan ini merupakan bagian dari upaya bekerja sama dengan pemerintah India. India telah memulai kampanye untuk mendorong perusahaan berinvestasi dalam ekonomi India untuk menghindari hambatan, seperti pajak impor yang tinggi untuk masuk dan bersaing dalam ekonomi negara yang kompetitif dan tumbuh cepat.

Pemerintah India menyebut kampanye bervisi “Aatmanirbhar Bharat “untuk mendorong investasi dan pertumbuhan lokal di perusahaan yang berbasis di India. Visi tersebut diterjemahkan menjadi “India yang mandiri” dan telah menjadi landasan kebijakan ekonomi Perdana Menteri Narendra Modi sejak resmi diperkenalkan tahun lalu.

“Kami menyambut baik keputusan Amazon untuk mendirikan lini manufaktur di Chennai, karena itu akan meningkatkan kapasitas produksi dalam negeri, dan juga menciptakan lapangan kerja,” kata menteri komunikasi, elektronik dan informasi negara itu, Ravi Shankar Prasad dalam sebuah pernyataan.

Menurut Amazon, jalur Chennai akan mampu memproduksi ratusan ribu perangkat setiap tahun, dimulai dengan jalur perangkat streaming Fire TV. Perusahaan mengatakan akan terus mengevaluasi kapasitas penskalaan ke pasar atau kota tambahan tergantung pada permintaan domestik. Pengumuman itu datang setahun setelah Amazon mengatakan akan mulai berinvestasi sebanyak satu miliar dolar AS dalam bisnis lokal India.

“Amazon berkomitmen untuk bermitra dengan pemerintah India untuk memajukan visi Aatmanirbhar Bharat,” kata wakil presiden senior global Amazon India, Amit Agarwal dalam sebuah pernyataan.

“Kami telah berjanji untuk menginvestasikan satu miliar dolar AS untuk mendigitalkan 10 juta bisnis kecil dan menengah, membantu bisnis India berjualan di seluruh dunia sehingga memungkinkan ekspor kumulatif sebesar 10 miliar dolar AS dan menciptakan satu juta pekerjaan tambahan pada 2025,” ujarnya.

Investasi besar Amazon di India adalah lebih banyak bukti dari semakin pentingnya negara tersebut sebagai pasar utama elektronik konsumen Barat. India juga dipandang potensial sebagai pusat manufaktur yang dapat bersaing dengan China dan pusat produksi yang berkembang pesat lainnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA