Selasa 09 Feb 2021 14:48 WIB

5 Trik Percantik Ruangan dengan Tanaman Hias

Tanaman hias dapat memberikan sentuhan segar pada ruangan di rumah.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Tanaman hias dapat memberikan sentuhan segar pada ruangan di rumah.
Foto: Needpix
Tanaman hias dapat memberikan sentuhan segar pada ruangan di rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tanaman hias dapat memberikan sentuhan segar pada ruangan-ruangan di dalam rumah. Pemilihan jenis atau bentuk tanaman hias yang tepat juga dapat semakin mempercantik ruangan-ruangan tersebut.

IKEA memiliki lima tips dalam mendekorasi ruangan di rumah dengan tanaman hias yang tepat. Berikut ini adalah kelima tips tersebut, seperti diungkapkan oleh IKEA dalam rilis yang diterima oleh republika.co.id, Selasa (9/2).

Baca Juga

Tanaman Hias Mini untuk Meja Kerja dan Belajar

Di masa pandemi, sebagian besar waktu mungkin akan dihabiskan di meja kerja atau belajar. Menaruh tanaman hias akan membuat meja kerja atau belajar tampak menarik dan tidak menjenuhkan. Kiat ini juga dapat mendongkrak semangat dan produktivitas saat bekerja dan belajar di meja tersebut.

Menurut riset yang dilakukan Dr Chris Knight dan timnya dari Exeter University, produktivitas seseorang dapat meningkat 15 persen setelah meja kerjanya dihiasi dengan tanaman.

Mengingat ukuran meja kerja atau belajar tidak terlalu luas, tanaman hias berukuran mini dapat menjadi pilihan. Salah satu jenis tanaman hias yang mudah dirawat untuk meja kerja atau belajar adalah tanaman sukulen. Jenis tanaman ini cukup disemprotkan air seminggu sekali dan diletakkan di dekat cahaya matahari.

Tanaman Hias Tinggi untuk Ruang Tamu Minimalis

Untuk ruang tamu minimalis, tanaman hias yang tinggi bisa menjadi pilihan. Kehadiran tanaman hias yang tinggi tak hanya menarik perhatian tetapi juga memberi nuansa sejuk dan asri di ruang tamu. Terlebih, bila tanaman tersebut diletakkan di dalam pot bekuran sedang dengan desain yang stylish.

Bila tak menginginkan tanaman tinggi, tanaman berukuran kecil juga dapat menjadi pilihan. Tanaman hias berukuran kecil ini bisa diletakkan di stand tanaman atau end table agar terlihat menonjol.

Tanaman Hias untuk Kamar Mandi

Kamar mandi merupakan salah satu ruangan di rumah yang tepat untuk meletakkan tanaman hias. Kelembapan yang tinggi di kamar mandi dapat menunjang kehidupan beberapa tanaman hias untuk tumbuh dengan baik. Keberadaan tanaman hias dapat membuat penghuni rumah lebih rileks saat menggunakan kamar mandi.

Salah satu jenis tanaman yang sesuai untuk ruangan lembap seperti kamar mandi adalah Sanderiana Curly. Tanaman ini bisa diletakkan di dalam vas bunga favorit. Bila ingin menggunakan tanaman berukuran besar, pilih wadah berupa pot gerabah berukuran sedang atau besar untuk meletakkan tanaman di lantai.

Selain menggunakan tanaman hias yang hidup, tanaman hias tiruan juga cocok digunakan di kamar mandi. Meski tiruan, tanaman hias ini juga dapat memberi atmosfer segar pada kamar mandi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement