Senin 01 Feb 2021 00:31 WIB

Sudan Disebut Siap Kerja Sama dengan Israel

Menteri Intelijen Israel akan mengunjungi Sudan

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nur Aini
Bendera Israel (ilustrasi)
Foto: Antara
Bendera Israel (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, –- Normalisasi hubungan Israel dan Sudan kini memasuki babak baru. menteri Intelijen Israel Eli Cohen mengatakan bahwa pemerintah Sudan siap membangun kerja sama dengan Israel dalam berbagai bidang.

Cohen dilaporkan akan mengunjungi Sudan pada Senin (1/2). Seperti dilansir dari Middle East Monitor, Ahad (31/1), Cohen akan memimpin delegasi menteri dan perwakilan dari Dewan Keamanan Nasional Israel guna melakukan pembicaraan dengan pejabat senior Sudan, termasuk dewan yang berkuasa Jenderal Abdel Fattah Burhan dan Menteri Pertahanan Yassin Ibrahim.

Baca Juga

Cohen dilaporkan telah menandatangani nota kesepahaman dengan Ibrahim ihwal masalah keamanan. Dia juga mengundang para pemimpin Sudan untuk mengunjungi Israel.

Israel dan Sudan akan menyelesaikan kesepakatan untuk menormalisasi hubungan antara satu sama lain pada upacara penandatanganan di Washington dalam tiga bulan ke depan.

Namun Pemerintah Sudan, bagaimanapun, telah mengatakan bahwa kesepakatan normalisasi hanya dapat berlaku jika disetujui oleh dewan legislatif transisi yang belum dibentuk. Normalisasi hubungan antara Sudan dan Israel terjadi berkat dorongan AS. Sudan bergabung dengan Uni Emirat Arab (UEA) dan Bahrain dalam mengakui Israel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement