Friday, 15 Zulqaidah 1442 / 25 June 2021

Friday, 15 Zulqaidah 1442 / 25 June 2021

Tuchel Bawa Chelsea Menang 2-0 Atas Burnley

Ahad 31 Jan 2021 21:22 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Bayu Hermawan

Pelatih Chelsea, Thomas Tuchel.

Pelatih Chelsea, Thomas Tuchel.

Foto: EPA-EFE/Richard Heathcote
Tuchel raih kemenangan perdana bersama Chelsea

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Thomas Tuchel merasakan kemenangan perdana sebagai pelatih Chelsea. The Blues sukses mengalahkan Burnley dengan skor 2-0 pada pertandingan pekan ke-21 Liga Primer Inggris, Ahad (31/1) malam WIB. 

Dua gol The Blues dicetak oleh dua bek sayap asal Spanyol, Cesar Azpilicueta dan Marcos Alonso. Tambahan tiga angka di laga ini membawa tim asal London Barat itu ke peringkat ketujuh klasemen sementara dengan koleksi 33 poin dari 21 laga. 

Baca Juga

Chelsea sempat mengalami kesulitan membongkar pertahanan tim tamu. Meski unggul penguasaan bola hingga mencapai 63 persen, si Biru tidak mampu membuka catatan gol di laga ini. Tidak hanya itu, dari segi serangan, Chelsea juga tampil dominan atas tim tamu. 

Total, Chelsea mampu mencatatkan 10 tembakan dengan empat tembakan tempat ke arah gawang. Kendati begitu, tembakan para penggawa The Blues ini masih mampu dihalau oleh kiper Burnley, Nick Pope. 

Timo Werner, yang tampil sebagai starter di laga ini, sempat melepaskan sepakan dari luar kotak penalti pada menit ke-47. Namun, bola sepakan Werner ini masih dengan mudah ditangkap oleh Pope. 

Tiga menit pasca peluang Werner ini, Chelsea akhirnya bisa memecahkan kebuntuan. Adalah bek kanan sekaligus kapten Chelsea, Cesar Azpilicueta, yang mencatatkan namanya di papan skor. 

Berawal dari serangan cepat, yang diinisiasi Mason Mount, Azpilicueta melepaskan sepakan keras dari dalam kotak penalti. Azpilicueta memanfaatkan sodoran umpan dari Callum Hudson-Odoi. Bola sepakan bek asal Spanyol itu bersarang di pojok kiri atas gawang Burnley.  Tim tuan rumah pun menutup babak pertama dengan keunggulan satu gol atas The Clarets

Pada babak kedua, jalannya laga tidak terlalu banyak berubah. Chelsea terus mengendalikan jalannya laga. Tidak hanya unggul dalam penguasaan bola, yang mencapai 70 persen, Chelsea juga mampu melepaskan sembilan tembakan pada sepanjang babak kedua. 

Empat dari tembakan itu tepat mengarah ke gawang The Clarets. Tidak hanya itu, dominasi Chelsea di laga ini juga terlihat dari minimnya upaya The Clarets untuk bisa mencetak gol. 

Bahkan, Burnley tercatat tidak mampu melepaskan satu pun tembakan di sepanjang laga. Kendati begitu, berbagai peluang yang didapat Chelsea hingga pertengahan babak kedua masih tidak mampu menemui sasaran. Salah satunya adalah kegagalan Christian Pulisic menyambar umpan tarik Reece James pada pertengahan babak kedua. 

Marcos Alonso akhirnya bisa menambah keunggulan Chelsea, tepatnya pada menit ke-83. Usai menerima umpan cungkil dari Christian Pulisic dari sebelah kanan kotak penalti Burnley, bek sayap asal Spanyol itu sempat menimang bola dengan menggunakan dada dan lututnya. Alonso kemudian melepaskan sepakan keras sambil berbalik badan. 

Bola hasil sepakan Alonso, yang dilepaskan tepat di mulut gawang Burnley sebelah kiri, langsung meluncur deras tanpa bisa dihalau Pope. Ini menjadi gol pertama Alonso sejak terakhir kali menjadi starter di skuat The Blues pada September silam. 

Gol Alonso ini sekaligus memastikan kemenangan The Blues atas The Clarets. Tambahan tiga angka di laga ini membawa Chelsea merangsek dari peringkat ke-10 ke posisi ketujuh klasemen sementara. 

Chelsea hanya kalah selisih gol dari Spurs, yang duduk di peringkat keenam dengan koleksi 33 poin dari 20 laga. Dengan koleksi 33 gol dari 21 laga, Chelsea masih terpaut empat poin dari empat besar klasemen sementara Liga Primer Inggris. 

Selain itu, ini juga menjadi kemenangan perdana Thomas Tuchel sejak resmi menjadi pengganti Frank Lampard sebagai pelatih The Blues. Sebelumnya, di laga debutnya sebagai pelatih The Blues, pelatih asal Jerman itu harus puas melihat anak-anak asuhnya ditahan imbang Wolves, 0-0, tengah pekan lalu. 

Susunan Pemain: 

Chelsea (3-4-2-1) 

Pelatih: Thomas Tuchel 

Kiper: Mendy, Belakang: Azpilicueta, Rudiger, Silva, Tengah: Alonso, Jorginho, Kovacic, Hudson-Odoi; Mount, Werner, Depan: Abraham. 

Burnley (4-4-2) 

Pelatih: Sean Dyche 

Kiper: Pope Belakang: Pieters, Mee, Tarkowski, Lowton Tengah: McNeill, Cork, Westwood, Brady Depan: Wood, Vydra 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA