Sabtu 30 Jan 2021 04:20 WIB

Vaksin Covid-19 Mulai Didistribusikan ke Puskesmas di Garut

Rencananya, jadwal vaksinasi dimulai Senin (1/2).

Rep: Bayu Adji P/ Red: Friska Yolandha
Sebanyak 12.200 dosis vaksin sudah didistribusikan ke Kabupaten Garut pada Selasa (26/2). Saat ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Garut mulai mendistribusikan vaksin ke puskesmas-puskesmas yang akan menjadi tempat vaksinasi Covid-19.
Foto: ANTARA/Ardiansyah
Sebanyak 12.200 dosis vaksin sudah didistribusikan ke Kabupaten Garut pada Selasa (26/2). Saat ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Garut mulai mendistribusikan vaksin ke puskesmas-puskesmas yang akan menjadi tempat vaksinasi Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Sebanyak 12.200 dosis vaksin sudah didistribusikan ke Kabupaten Garut pada Selasa (26/2). Saat ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Garut mulai mendistribusikan vaksin ke puskesmas-puskesmas yang akan menjadi tempat vaksinasi Covid-19.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, Leli Yuliani mengatakan, distribusi vaksin ke puskesmas sudah dilakukan sejak Kamis (28/1). Diperkirakan, distribusi akan selesai pada Ahad (31/1). 

Baca Juga

"Sampai hari Ahad insyaallah selesai. Senin dijadwalkan bisa mulai (vaksinsi)," kata dia saat dihubungi Republika.co.id, Jumat (29/1).

Menurut dia, jumlah dosis vaksin yang didistribusikan untuk tahap awal vaksinasi dapat mencukupi untuk seluruh tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Garut, yang totalnya mencapai sekitar 6.000 orang. Sebab, tak semua nakes di Kabupaten Garut akan menjalani vaksinasi. 

Leli mengatakan, tidak semua nakes memenuhi syarat divaksin. "Sekitar 500 nakes di sini kan pernah positif. Nakes juga kan ada yang punya penyakit penyerta," kata dia. 

Ia menargetkan, vaksinasi kepada nakes dapat selesai dalam waktu sepekan. Namun, setiap nakes harus menjalani dua kali penyuntikan vaksin. Penyuntikan pertama dan kedua memiliki jeda 14 hari.

Sebelumnya, Bupati Garut, Rudy Gunawan mengatakan, sesuai arahan dari Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri, vaksinasi akan dilakukan secara serentak di seluruh kecamatan di Garut. "Kita prioritaskan bagi nakes karena kita baru menerima vaksin secara terbatas yaitu untuk 6.000-an (orang)," kata dia, melalui keterangan resmi.

Selain nakes, vaksinasi tahap pertama di Garut akan dilakukan kepada pimpinan daerah, influencer, serta perwakilan tokoh agama. Ia menargetkan, vaksinasi tahap awal di Kabupaten Garut dapat selesai dalam waktu sepekan.

Dinas Kesehatan Kabupaten Garut telah menyiapkan tempat pelaksanaan vaksinisasi Covid-19 di 67 puskesmas, enam rumah sakit, dan 26 klinik. Dengan sasaran puskesmas 3.963 sasaran, rumah sakit 2.652 sasaran, dan klinik 963 sasaran.

Dinas Kesehatan Kabupaten Garut juga menyiapkan sarana penyimpanan vaksin terdiri dari 80 refrigator dan 100 vaccine carrier, dan 12.200 dosis vaksin Covid-19. Selain itu, alat penunjang lainnya seperti alat pelindung diri (APD) untuk vaksinator juga telah disiapkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement