Wednesday, 2 Ramadhan 1442 / 14 April 2021

Wednesday, 2 Ramadhan 1442 / 14 April 2021

Menko PMK Tinjau Korban Gempa Sulbar

Kamis 28 Jan 2021 21:11 WIB

Red: Gita Amanda

Bantuan rendang dari masyarakat Sumatera Barat (Sumbar)  untuk korban gempa Sulbar dikirimkan pada Rabu (27/1)  dari Bandara Internasional Minangkabau Padang, dengan pesawat Boieng A 7302 milik TNI Angkatan Udara.

Bantuan rendang dari masyarakat Sumatera Barat (Sumbar) untuk korban gempa Sulbar dikirimkan pada Rabu (27/1) dari Bandara Internasional Minangkabau Padang, dengan pesawat Boieng A 7302 milik TNI Angkatan Udara.

Foto: Dok BSMI
Sementara Doni Monardo memantau dan memberi instruksi terkait penanganan gempa Sulbar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Landas pacu bandara Halim Perdanakusuma masih basah, ketika pesawat ATR 72-500 BNPB take off menuju bandara Tampa Padang, Mamuju, Sulawesi Barat, Kamis (28/1) pagi. Pesawat itu membawa rombongan Menko PMK Muhadjir Effendy dalam misi peninjauan sekaligus pemberian bantuan terhadap korban gempa Sulawesi Barat.

Dua menteri berada dalam rombongan Muhadjir. Mereka adalah Mensos Tri Rismaharini dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), I Gusti Ayu Bintang Darmawati. Pejabat lain tampak Sestama BNPB Harmensyah, Dirjen Bina Adwil Kemendagri Safrizal ZA, Dirjen Kemendes Kemendagri Eko Sri Haryanto, Dirjen Yankes Kemenkes dr Abdul Kadir, Deputi Perlindungan Khusus Anak Kemen PPPA, Nahar, Direktur Logistik BNPB Rustian, Ka Biro Umum BNPB Andi Eviana dan lain-lain.

Sementara pesawat BNPB Pelita Air mengudara, kita mundur sejenak ke ruang tunggu VIP Bandara Halim Perdanakusuma. Waktu menunjukkan pukul 06.00 WIB. Menteri Risma datang lebih awal. Ia menuju ruang tunggu. Egy Massadiah berdiri menyambut. “Bagaimana kabar pak Doni?” tanya Risma kepada Egy, Tenaga Ahli yang juga Staf Khusus Kepala BNPB, perihal kesehatan Doni Monardo pasca positif Covid.

“Pak Doni memantau lewat WA, bu,” jawab Egy seraya menambahkan bahwa tak hanya memantau, namun Doni juga memberikan instruksi kepada jajarannya terkait penanganan gempa di Sulbar.

Stadion Manakarra menjadi salah satu pusat pengungsi. Di tempat ini pula Presiden Joko Widodo hadir beberapa waktu lalu. Menko PMK atas nama pemerintah pusat dan rombongan, Kembali hadir di stadion itu untuk memastikan bahwa segala kebutuhan pengungsi terpenuhi dengan baik. Termasuk di pos-pos pengungsian yang lain.

Usai shalat ashar di bandara Tampa Padang, rombongan Menko PMK kembali ke Jakarta. Seluruh rangkaian kegiatan hari ini, tak lepas dari pantauan Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo, yang hingga hari ini masih menjalani isolasi akibat terpapar Covid-19, usai kunjungan kerja marathon ke Sulawesi Barat dan Kalsel, minggu lalu.

Egy Massadiah mengatakan Doni terus memantau dan memberi instruksi kepadanya melalui pesan digital. "Saya pun melaporkan setiap kegiatan dan peristiwa terkini yang ada di Mamuju. Jika segala sesuatu berjalan seperti yang ada di benak beliau, insya Allah akan menjadi obat mujarab. Semoga pak Doni lekas pulih dan bisa kembali beraktivitas,” pungkas Egy Massadiah.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA