Tuesday, 25 Rajab 1442 / 09 March 2021

Tuesday, 25 Rajab 1442 / 09 March 2021

Ketika Nabi Memuliakan Jin yang Menuntut Ilmu

Selasa 26 Jan 2021 19:16 WIB

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah

Ketika Nabi Memuliakan Jin yang Menuntut Ilmu. Ilustrasi Nabi Muhammad SAW

Ketika Nabi Memuliakan Jin yang Menuntut Ilmu. Ilustrasi Nabi Muhammad SAW

Foto: MGROL100
Cinta kasih Nabi salah satunya terlihat kepada jin-jin yang menuntut ilmu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seluruh makhluk di alam semesta ini tak lepas dari kasih sayang dan rahmah Nabi Muhammad SAW. Cinta kasih Nabi salah satunya terlihat kepada jin-jin yang menuntut ilmu.

Pakar Ilmu Alquran, KH Ahsin Sakho, menjelaskan mengenai sikap Nabi dalam menyebarkan rahmah. Menurut beliau, sebagaimana yang beliau jelaskan dari kitab Muhammad Al-Insan Al-Kamil karya Sayyid Muhammad Ibnu Sayyid Alawi bin Sayyid Maliki Abbas, Nabi pernah memuliakan jin yang menuntut ilmu.

“Suatu ketika, Nabi mengajari para sahabat, termasuk di dalamnya Sayyidina Ali juga. Lalu Nabi memberikan garis yang tidak boleh dilewati para sahabat,” kata KH Ahsin dalam kajian live streaming, di Ahsin Sakho Center.

Baca Juga

Beliau menjabarkan, ketika Nabi melakukan hal tersebut, maka para sahabat pun bertanya mengapa Nabi melakukan hal demikian. Kemudian, lanjut beliau, Nabi pun menjelaskan garis yang dibuat Nabi adalah tempat para jin yang ikut serta mendengarkan ketika Nabi mengajari para sahabat.

Menurutnya, Nabi tidak ingin para sahabat melewati garis tersebut lantaran takut kepala para jin terinjak-injak. Hal itu merupakan bagian dan rasa hormat Nabi kepada para jin yang menuntut ilmu.

“Ini sungguh sikap luar biasa Nabi, beliau mencintai setiap makhluk,” ujarnya.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA