Selasa 26 Jan 2021 12:28 WIB

Kehangatan Hubungan Utsman dan Ahlul Bait

Keduanya sama-sama menantu Rasulullah SAW.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Kehangatan Hubungan Utsman dan Ahlul Bait
Foto: MgIt03
Kehangatan Hubungan Utsman dan Ahlul Bait

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hubungan antara Ali dan Utsman begitu erat. Tidak ada yang melandasi kedekatan mereka selain semangat keimanan, kecintaan, ketakwaan, dan kedekatan nasab.

Keduanya sama-sama menantu Rasulullah SAW, dan keistimewaan ini hanya dimiliki mereka berdua. Dikutip dari buku Hasan dan Husain the Untold Story karya Sayyid Hasan al-Husaini, beberapa referensi Syiah menyebutkan Ali bin Abi Thalib pernah berkata kepada Utsman bin Affan.

Baca Juga

"Wahai Utsman, engkau harus menegakkan lebih daripada apa yang telah dilakukan Ibnu Quhafah (Abu Bakar) dan Ibnul Khathab (Umar). Sebab, engkau adalah kerabat Rasulullah, dan karena itu engkau lebih dekat dengan beliau daripada keduanya. Betapa tidak? Engkau adalah menantu beliau sedangkan keduanya tidak demikian," (Nahjul Balaghah, Biharul Anwar al-Majlisi, al-Ghadir).

Dalam khazanah Ahlus Sunnah, diyakini setelah Abdurrahman bin Auf mengumumkan keputusan Dewan Syura tentang khalifah pengganti Umar, Ali menerima dan mematuhinya sepenuh hati. Dia tidak menentangnya, sama sekali.

Demikian pula al-Hasan dan al-Husain. Mereka menerima hasil Syura tersebut, seperti halnya sang ayah, dan setia menjaga baiat ini hingga Utsman terbunuh. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement