Tuesday, 5 Zulqaidah 1442 / 15 June 2021

Tuesday, 5 Zulqaidah 1442 / 15 June 2021

Kasus Covid Tembus Angka Satu Juta, Menkes: Saatnya Berduka

Selasa 26 Jan 2021 17:52 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri    / Red: Bayu Hermawan

Menkes Budi Gunadi Sadikin

Menkes Budi Gunadi Sadikin

Foto: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Negara
Menkes meminta semua pihak ekstra keras dalam menahan laju kasus Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Angka kumulatif kasus Covid-19 di Indonesia telah melampaui satu juta kasus atau tepatnya 1.012.350 kasus pada Selasa (26/1) hari ini.  Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, pemerintah berduka dengan laju penambahan kasus yang terus meningkat ini.

"Ini saatnya kita untuk berduka karena ada banyak saudara-saudara kita yang sudah wafat," ujar Menkes Budi saat konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta.

Baca Juga

Budi mengatakan, virus ini tak hanya menyebabkan kematian masyarakat yang terpapar, tapi juga pada tenaga kesehatan yang menangani para pasien positif. Budi menyebut, terdapat lebih dari 600 tenaga kesehatan yang dilaporkan telah gugur selama pandemi Covid-19 ini.

"Ada rasa duka yang mendalam dari pemerintah, dari seluruh rakyat Indonesia atas angka ini," katanya.

Budi menyampaikan, penambahan kasus positif yang telah mencapai angka satu juta ini juga menyadarkan seluruh pihak untuk terus bekerja ekstra keras menangani laju penularan virus. Ia pun meminta seluruh lapisan masyarakat bersama-sama dengan pemerintah mengatasi pandemi ini dan menekan angka kasus baru.

"Sehingga, pengorbanan yang sudah dilakukan oleh rekan-rekan kita, terutama tenaga kesehatan itu tidak sia-sia," ucapnya.

Menkes Budi mengaku, mendapatkan berbagai masukan dari para ahli, termasuk epidemiolog untuk penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia. Satu-satunya cara untuk mengatasi wabah ini, yakni dengan menekan laju penularan virus.

Dengan demikian, beban fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan dalam merawat para pasien positif akan berkurang. Ia yakin, Indonesia mampu menekan laju penularan virus ini secara bertahap, bahkan menghilangkan pandemi Covid-19 di Tanah Air.

"Insya Allah, suatu saat kita bisa menghilangkannya sama sekali atau mengeradikasi virus ini," tambahnya.

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA