Monday, 30 Sya'ban 1442 / 12 April 2021

Monday, 30 Sya'ban 1442 / 12 April 2021

Masjid di Myanmar Sediakan Makanan Gratis Selama Pandemi

Selasa 26 Jan 2021 17:36 WIB

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah

Masjid di Myanmar Sediakan Makanan Gratis Selama Pandemi. Umat muslim di Masjid Bengali Sunni Jameh, Yangon, Myanmar. Ilustrasi

Masjid di Myanmar Sediakan Makanan Gratis Selama Pandemi. Umat muslim di Masjid Bengali Sunni Jameh, Yangon, Myanmar. Ilustrasi

Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Makanan dikirim ke pusat karantina, RS, dan orang miskin.

REPUBLIKA.CO.ID, YANGON -- Potret kerukunan antaragama di Myanmar yang mayoritas beragama Buddha ditunjukkan oleh upaya sebuah masjid yang berbagi bantuan tanpa memandang keyakinan. Di tengah pandemi virus corona yang melanda salah satu negara termiskin di Asia itu, sebuah masjid di Yangon justru menyedikan dan membagikan makanan gratis kepada yang membutuhkan untuk berbagai kalangan agama.

Sejak September 2020, anggota masjid Yangon telah mengumpulkan dana dan menyediakan makanan yang dikemas setiap harinya untuk dikirimkan ke pusat-pusat karantina Covid-19, rumah sakit, dan orang-orang miskin atau kekurangan yang terdampak akibat karantina di ibu kota Myanmar tersebut.

Makanan tersebut awalnya dibuat untuk membantu umat Muslim yang di karantina yang tidak memiliki akses ke produk halal. Namun, hal itu berubah ketika gelombang kedua virus corona menjerumuskan negara itu ke dalam krisis, dan menghancurkan bisnis serta mata pencaharian.

Baca Juga

"Kami tidak pernah menanyakan keimanan dan keyakinan orang-orang ketika mereka meminta bantuan kami," kata Zaw Min Latt, pengurus masjid Yangon tersebut kepada Vice World News, Selasa (26/1).

Selama periode puncak permintaan, masjid tersebut menyediakan 2.500 kotak makanan di pagi hari, dan 2.500 lainnya di malam hari. Makanan tersebut dikirimkan bagi semua orang di pusat karantina hingga pekerja medis garis depan.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA