Ahad 24 Jan 2021 17:55 WIB

Data Akun Fortnite Dituduh Bocor, Ini Tanggapan Epic Games

Epic mengatakan beberapa pengguna hanya mengalami masalah log out saja.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Fortnite
Foto: epic games
Fortnite

REPUBLIKA.CO.ID, NORTH CAROLINA—Epic Games merilis pernyataan resmi mengenai klaim bahwa data akun Fortnite bocor. Data yang diduga bocor adalah email pengguna.

Tuduhan tersebut dimulai dengan tweet dari pemain pro Yung Calc, yang men-tweet sebuah pesan yang mendorong pemain untuk menonaktifkan pengaturan ‘Show on Career Leaderboard’ karena kekhawatiran bahwa email mereka bocor.

Baca Juga

Yung Calc telah menghapus tweet asli setelah tekanan dari pemain dan tanggapan resmi Epic atas tuduhan tersebut. Dalam tweet di akun Twitter Fortnite Status, perusahaan mengatakan mereka telah menyelidiki potensi masalah dan menemukan bahwa tidak ada satu pun data akun pemain yang tidak bocor.

“Kami menyelidiki laporan bahwa papan peringkat membocorkan informasi non-publik atau menyebabkan logout yang tidak sah. Ini bukan kasusnya. Kami yakin akun yang terpengaruh tetap aman, info pemain (termasuk alamat email) tidak diungkapkan & masalah logout pun telah diselesaikan,” ujar Fortnite Status, dilansir dari Slash Gear, Ahad (24/1).

Meskipun semuanya sedikit kacau, inti dari kekhawatiran tampaknya adalah beberapa pemain pro mengalami logout mendadak dari gim mereka. Ini, idenya, berarti seseorang telah mencoba mengatur ulang kata sandi Fortnite mereka, yang hanya akan mungkin jika mereka tahu alamat email pemain.

Tweet Yung Calc mengklaim bahwa peretas mengakses alamat email pemain melalui papan peringkat, oleh karena itu dia menyarankan agar pemain menonaktifkan fitur ini. Namun, dengan melakukan hal itu, statistik gim mereka tidak dapat dilacak, misalnya oleh Fortnite Tracker.

Pemain disebut tidak boleh menonaktifkan papan peringkat karena takut data akunnya bocor. Yang benar adalah beberapa pemain mengalami logout tiba-tiba yang tidak terduga karena alasan yang masih belum jelas. Epic tidak mengatakan apakah ada perbaikan yang masuk untuk memperbaiki masalah ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement