Monday, 17 Rajab 1442 / 01 March 2021

Monday, 17 Rajab 1442 / 01 March 2021

Masjid Birmingham, Masjid Inggris Pertama Beri Vaksin Covid

Jumat 22 Jan 2021 21:58 WIB

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah

Masjid Birmingham, Masjid Inggris Pertama Beri Vaksin Covid. Jamaah masjid Al Abbas Islamic Center, Balsal Heath,  Birmingham Inggris menerima suntikan vaksin Covid-19, Kamis (21/1). Diharapkan sekitar 300 hingga 500 orang menerima vaksin di tempat ini.

Masjid Birmingham, Masjid Inggris Pertama Beri Vaksin Covid. Jamaah masjid Al Abbas Islamic Center, Balsal Heath, Birmingham Inggris menerima suntikan vaksin Covid-19, Kamis (21/1). Diharapkan sekitar 300 hingga 500 orang menerima vaksin di tempat ini.

Foto: REUTERS/CARL RECINE
Terdapat disinformasi di komunitas Asia Selatan yang menolak vaksin Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, BIRMINGHAM -- Islamic Center Al-Abbas di Balsall Heath, Birmingham diperkirakan akan segera memvaksinasi hingga 500 orang setiap hari. Langkah ini menjadikan tempat ibadah ini sebagai masjid pertama yang memberikan vaksin Covid-19 bagi masyarakat.

Imam Masjid, Sheikh Nuru Mohammed berharap tindakan ini akan membantu menghilangkan informasi palsu bahwa vaksin itu dilarang dalam hukum Islam. Program layanan kesehatan Inggris, NHS mengaku memang khawatir dengan disinformasi yang dapat menyebabkan beberapa komunitas Asia Selatan di Inggris menolak vaksin Covid.

"Ini akan mengirimkan pesan yang kuat kepada saudara-saudari Muslim kami. Kami melakukan ini untuk mengatakan 'tidak' pada berita palsu dan 'ya' untuk vaksin. Para ulama Muslim menyarankan kita mendapatkan vaksin karena kesucian hidup penting dalam Islam," kata Sheikh Nuru dilansir dari BBC, Jumat (22/1).

Baca Juga

Rizwan Alidina, seorang wali masjid dan anggota dari Birmingham and Solihull Clinical Commissioning Group mengatakan langkah ini sangat baik terlebih bagi komunitas Muslim. "Signifikansi tempat tersebut jelas cukup jelas, khususnya komunitas Muslim," katanya.

Dia mengatakan telah ada respons yang baik terhadap pembukaan pusat vaksin di masjid tersebut dan berharap akan segera melakukan antara 300 dan 500 vaksinasi sehari. Direktur medis regional NHS Inggris untuk London, Vin Diwakar mengatakan, beberapa komunitas memiliki kekhawatiran yang sah dan dapat dimengerti tentang vaksin.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA