Jumat 22 Jan 2021 16:39 WIB

Ini Gejala Pertama yang Umum Dialami Pasien Covid-19

Sebanyak 82 persen partisipan mengalami perasaan lelah ditujuh hari pertama.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Gita Amanda
Ilustrasi Covid-19. Sebanyak 82 persen partisipan mengalami perasaan lelah ditujuh hari pertama.
Foto: Pixabay
Ilustrasi Covid-19. Sebanyak 82 persen partisipan mengalami perasaan lelah ditujuh hari pertama.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Saat ini masyarakat sudah cukup familier dengan berbagai gejala Covid-19, seperti batuk, demam, hingga kehilangan indra penciuman dan perasa. Dari beragam gejala yang ada, gejala apa yang sering kali muncul paling awal pada pasien Covid-19?

Covid Symptom Study yang dilakukan di Inggris berhasil menemukan jawabannya. Berdasarkan studi ini, 82 persen partisipan mengalami gejala Covid-19 awal berupa perasaan lelah di tujuh hari pertama. Gejala awal tersering kedua adalah sakit kepala, di mana ada sekitar 72 persen partisipan yang mengalaminya.

Baca Juga

Selain itu, studi ini juga mengungkapkan, hanya sekitar 30 persen partisipan yang mengalami demam di tujuh hari pertama. Padahal, selama ini demam dianggap sebagai indikator awal Covid-19 yang dapat diandalkan.

Meski rasa lelah paling sering muncul sebagai gejala awal Covid-19, rasa lelah tak bisa menjadi indikasi seseorang terkena Covid-19. Alasannya, rasa lelah bisa disebabkan oleh beragam hal, termasuk infeksi virus lain.

Namun bila rasa lelah sudah sangat mengganggu dan tak diketahui sebabnya, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter. Jelaskan semua gejala atau keluhan yang dialami dan ikuti saran yang diberikan dokter, termasuk tes Covid-19 bila dirasa perlu oleh dokter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement