Kamis 21 Jan 2021 09:00 WIB

'Bapak Kucing' di Masjid Al Aqsa Meninggal Karena Covid-19

Covid-19 menjadi penyebab meninggalnya 'Bapak Kucing' di Masjid Al Aqsa.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Muhammad Hafil
'Bapak Kucing' di Masjid Al Aqsa Meninggal Karena Covid-19
Foto: Al Arabiya
'Bapak Kucing' di Masjid Al Aqsa Meninggal Karena Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM – Warga Palestina di Yerusalem Timur berduka atas seorang pria bernama Ghassan Younes (72 tahun) yang dijuluki sebagai “bapak kucing”. Younes, mendedikasikan hidupnya untuk memberi makan kucing di Kompleks Masjid Al-Aqsa.

Warga menggambarkan Younes sebagai orang yang paling baik di kota itu. Dia meninggal karena komplikasi terkait virus covid-19 mutasi baru pada Selasa (19/1).

Baca Juga

Sepanjang hidupnya, dia berjalan lebih dari satu jam dalam sehari untuk memberi makan kucing dan burung serta membagikan permen kepada anak-anak dan siswa setempat di masjid. Selain itu, dia juga biasa memberikan kelas pengembangan karakter Islam kepada anak muda.

Younes sebenarnya tinggal di kota Ar’ara, Isrel, tepatnya di selatan kota Arab Umm al-Fahm, tetapi dia tetap di masjid selama lebih dari 30 tahun. Pada November, dia terjangkit virus covid-19.

Dalam wawancara sebelumnya, Younes mengatakan dia terinspirasi oleh salah satu sahabat Nabi Muhammad, Abu Hurairah yang artinya dalam bahasa Arab adalah ayah dari anak kucing. Oleh karena itu, dia mendedikasikan sebagian besar hidupnya untuk merawat kucing di sekitar situs suci.

Dikutip Al Arabiya, Kamis (21/1), warga Palestina berduka atas kematiannya. Mereka menyebut Younes termasuk orang yang paling baik hati di komunitas lokal dan saling menghibur dengan memberikan pepatah Nabi. Misal, mereka yang meninggal karena wabah dianggap sebagai martir di mata Tuhan.

“Haji Younes adalah salah satu orang yang paling tidak mementingkan diri sendiri di komunitas,” kata Pemimpin Komunitas di lingkungan Silwan Yerusalem, Qasem Abdelhaq kepada Al Arabiya.

Dia biasa dijuluki 'Abu Al-Qatt' (ayah kucing) karena dia biasa datang ke Masjid al-Aqsa saat fajar untuk memberi makan kucing dan burung.

Abdelhaq menyebut, pria 72 tahun itu tidak hanya baik pada hewan, tapi juga kepada anak-anak dan warga sekitar, serta pengunjung masjid.

“Dia dikenal karena membagikan permen dan balon kepada anak-anak, lalu membagikan pakaian dan permen kepada pengunjung Masjid al-Aqsa yang diberkati. Dia adalah orang yang sangat baik. Semoga Tuhan mengasihani dia, mengampuni dia, dan memberinya pahala terbesar di akhirat,” ujar dia.

Kabar kematiannya pun menjadi viral di media sosial. Banyak orang yang membagikan foto dan video momen-momen kebaikan Younes.

“Berita yang menyedihkan. Hajj Ghassan Younes, pria yang memberi makan kucing di kompleks Al Aqsa, meninggal hari ini karena Covid-19. Saya tidak mengenalnya secara pribadi, tetapi dia memenuhi misi yang begitu penting dan bermanfaat, dan tampak seperti pria yang luar biasa,” tulis akun @KarakMufti di Twitter. 

Sumber:

https://english.alaraby.co.uk/english/news/2021/1/20/palestinian-jerusalemites-mourn-aqsa-cat-man-following-covid-19-death

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement