Sabtu 16 Jan 2021 11:10 WIB

4 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Saat Mandi

Ada beberapa hal detail yang kerap luput atau salah dilakukan ketika mandi.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Ada beberapa hal detail yang kerap luput atau salah dilakukan ketika mandi (Foto: ilustrasi)
Foto: PxHere
Ada beberapa hal detail yang kerap luput atau salah dilakukan ketika mandi (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mandi adalah hal yang dilakukan setiap hari sehingga sudah dianggap sebagai sebatas rutinitas membersihkan badan. Saat mandi, seseorang menyabuni badan, membilas, lalu mengeringkannya. Tentunya, selain menyikat gigi, keramas, dan kegiatan lain.

Namun, ada beberapa hal detail yang kerap luput atau salah dilakukan ketika membersihkan, membilas, dan mengeringkan tubuh. Berikut empat kesalahan yang biasa dilakoni saat mandi, seperti dikutip dari laman Health Digest, Sabtu (16/1).

Baca Juga

1. Mandi terlalu sering

Mandi lebih dari dua kali sehari sangat tidak dianjurkan. Menurut Harvard Health, itu bisa mengganggu lapisan minyak dan keseimbangan bakteri baik serta mikroorganisme pada kulit. Mandi terlalu sering juga membuat kulit iritasi dan mengganggu sistem kekebalan tubuh.

Imunitas terganggu akibat eksposur berlebihan yang mendampak antibodi pelindung pada kulit. Mandi setiap hari memang perlu, tapi jangan berlebihan dalam frekuensinya. Untuk kondisi tubuh terbaik, disarankan agar durasi setiap kali mandi tidak terlalu lama.

2. Mandi dengan air yang terlalu panas

Mandi air hangat bisa menghilangkan stres, namun jika temperaturnya terlalu panas dapat melenyapkan minyak esensial dan kelembapan alami kulit. Dokter kulit New York, Shari Marchbein, mengatakan mandi air panas juga akan merusak pelindung alami kulit.

Pengidap eksim, jerawat, psoriasis, dan rosacea sangat tidak disarankan mandi air panas karena bisa memperparah kondisi kulit. Bagi yang tidak mengalaminya, tetap tidak dianjurkan mandi dengan air terlalu panas karena bisa membuat kulit lebih rentan terhadap gatal dan memicu kulit kering.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement