Friday, 2 Syawwal 1442 / 14 May 2021

Friday, 2 Syawwal 1442 / 14 May 2021

DPRD Solo Soroti Halte tak Layak untuk BST

Rabu 13 Jan 2021 02:34 WIB

Rep: Binti Sholikah/ Red: Dwi Murdaningsih

Armada Batik Solo Trans (BST) melintasi Jl Jenderal Sudirman depan Balai Kota Solo saat peresmian operasional BST koridor 1 dan 2 dengan skema buy the service, Selasa (29/12).

Foto:
Layanan BST dengan skema by the service telah berjalan untuk empat koridor.


Ketua DPRD Kota Solo, Budi Prasetyo, mengatakan, wakil rakyat punya tugas pokok dan fungsi untuk menganggarkan dan mengawasi program pemerintah daerah. Termasuk operasional BST. Dia mengaku, setelah menaiki BST dari depan gedung DPRD Solo sampai Terminal Palur, ternyata lumayan nyaman. Karenanya, dia berharap masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas BST yang nantinya harga tiket akan terjangkau.

"Kami berharap dengan sarana transportasi massal berupa BST ini tentunya bisa mendukung kelancaran lalu lintas di Kota Solo, salah satunya adalah mengatasi kemacetan lalu lintas di tingkat kota dengan mengurangi penggunaan motor atau transportasi pribadi," jelas Budi.

Direktur PT Bengawan Solo Trans selaku pengelola BST, Sri Sadadmojo, mengatakan, selama masa pandemi pelayanan bus BST tetap dilayani. Operasional BST disesuaikan dengan Surat Edaran Wali Kota tetap beroperasional dari pukul 05.00-21.00 WIB. Untuk jumlah penumpang yang bisa dimuat hanya 50 persen dari total kapasitas. Di dalam bus sudah dilengkapi hand sanitizer dan tanda silang agar penumpang menjaga jarak.

"Fasilitasnya sangat nyaman, aman, sejuk dan tidak seperti bus zaman dulu, tidak ada mangkal, tidak ada balapan, sopir tiak galak, kami didik attitute-nya lebih ramah lagi. Jadi tidal perlu khawatir," terang Sri Sadadmojo.

Dia mengimbau kepada masyarakat yang merasa kekurangan atau ingin memberikan kritik dan saran dipersilakan melakukan komplain ke PT Bengawan Solo Trans. Selanjutnya, pengelola akan memberikan tindakan sesuai aturan supaya pelayanan kepada masyarakat lebih baik lagi. Dia menambahkan, jumlah armada BST untuk koridor 1 sebanyak 30 bus, koridor 2 ada 16 bus, koridor 3 ada 20 bus, dan koridor 4 ada 24 bus.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA