Selasa 12 Jan 2021 01:36 WIB

Sandiaga: Pembimbing Usaha Bantu Peningkatan UMKM

Menparekraf mendorong pelaku UMKM punya pembimbing bisnis.

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Bayu Hermawan
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno
Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (menparekraf) Sandiaga Uno mendorong agar para pelaku usaha mikro dan menengah (UMKM) agar memiliki pembimbing bisnis. Dia mengatakan, hal itu dilakukan supaya usaha yang dijalankan bisa terus meningkat.

"Jadi selain diberikan pendidikan, mereka juga harus didampingi," kata Sandiaga dalam keterangan, Senin (11/1).

Baca Juga

Dia mengungkapkan, berdasarkan data sekitar 80 persen usaha yang memiliki mentor terjadi peningkatan usaha hingga dua kali lipat dibandingkan dengan yang tidak memiliki mentor. Mereka yang memiliki mentor akan mendapatkan informasi berupa pengalaman

Politisi Gerindra itu mengakui banyak orang kesulitan dalam memulai usaha. Namun meningkatkan usaha agar naik kelas jauh lebih sulit. Dia mengatakan, sebabnya maka perlu ada mentor yang mengarahkan.

"Jadi dari startup ke scale up itu selalu susah payah. Jadi kadang-kadang bilang susah mau mulai bisnis, eh lebih susah menaik kelaskan bisnis," katanya.

Hal tersebut diungkapkan Sandi berbincang dengan salah satu pengusaha kuliner Rex Marindo. Rex berencana meluncurkan aplikasi online yang bernama 'Mentor Kuliner' untuk membantu para pengusaha yang membutuhkan guru dalam menjalankan bisnis mereka.

Sandiaga menyambut baik rencana dari founder Warunk Upnormal dan Bakso Boedjangan tersebut. Menurut dia, aplikasi tersebut dapat memberikan masyarakat banyak ilmu dan pengalaman yang berguna.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement