Tuesday, 13 Jumadil Akhir 1442 / 26 January 2021

Tuesday, 13 Jumadil Akhir 1442 / 26 January 2021

2 Trik Agar Kulit Kepala Bebas Ketombe

Selasa 12 Jan 2021 06:05 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah

Sebagian orang mungkin kerap bermasalah dengan ketombe membandel (Foto: ilustrasi)

Sebagian orang mungkin kerap bermasalah dengan ketombe membandel (Foto: ilustrasi)

Foto: www.freepik.com
Sebagian orang mungkin kerap bermasalah dengan ketombe membandel.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian orang mungkin kerap bermasalah dengan ketombe membandel, baik ketombe kering dan mudah jatuh maupun maupun ketombe berukuran lebih besar dan mudah menempel di rambut dan kulit kepala. Sebagian lain mungkin seringkali mengalami masalah akar rambut karena inflamasi yang disebabkan oleh penumpukan kotoran dan minyak.

Untuk kedua masalah ini, eksfoliasi kulit kepala mungkin dapat membantu. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua orang perlu atau cocok untuk melakukan eksfoliasi kulit kepala. Bila tidak perlu atau tidak cocok, tak perlu memaksakan diri untuk melakukan eksfoliasi kulit kepala.

Bila ingin mencoba, setidaknya ada dua cara eksfoliasi kulit kepala yang bisa dilakukan. Berikut ini adalah kedua cara tersebut, seperti dilansir LifeHacker, Senin (11/1).

Baca Juga

 

Sampo dan Scrub

Gunakan sampo yang mengandung minyak pohon teh (tea tree oil) atau asam salisilat. Jenis sampo ini dapat membantu menghilangkan minyak dan kotoran yang menumpuk di kulit kepala.

Kombinasikan penggunaan sampo ini dengan scrub khusus kulit kepala. Scrub kulit kepala tak terlalu berbeda dengan scrub yang biasa digunakan untuk wajah atau tubuh. Penggunaan scrub dapat membantu menghilangkan kulit mati yang menempel di kepala.

Pastikan bahwa scrub yang digunakan memang aman untuk kulit kepala. Misalnya, scrub tersebut hanya menggunakan granules berukuran kecil. Selain itu, gunakan scrub secara lembut pada kulit kepala. Saat mengaplikasikan scrub, hindari penggunaan kuku dan lebih gunakan ujung jari sehingga kulit kepala tak akan tergaruk.

 

Menyisir

Cara lain untuk menghilangkan kotoran hingga kulit mati di kepala adalah melalui penyisiran rambut. Namun perlu dipahami, metode menyisir rambut tidak bisa membantu menyingkirkan penumpukan minyak pada kulit kepala.

Gunakan "sisir" yang khusus didesain untuk kulit kepala. "Sisir" ini lebih dikenal dengan nama scalp brush atau scalp massager. Scalp massager umumnya berukuran lebih kecil, bulat, dan memiliki bristle dari silikon atau plastik. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA