Senin 11 Jan 2021 16:35 WIB

Menkes Minta Masyarakat Pertimbangkan Tenaga Kesehatan

Menkes meminta pasien tanpa gejala melakukan isolasi secara mandiri.

Rep: Dessy Suciati Saputri    / Red: Ratna Puspita
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan tenaga kesehatan makin lelah dan tertekan dalam menangani para pasien Covid-19. Karena itu, ia meminta masyarakat yang dinyatakan positif Covid-19 tetapi tanpa mengalami gejala seperti demam dan sesak napas agar melakukan isolasi secara mandiri.

Budi mengatakan, kasus Covid-19 kembali melonjak pascaliburan Natal dan tahun baru 2021. Lonjakan kasus aktif yang mencapai 30 persen itu berdampak pada kapasitas tempat tidur di rumah sakit dan kondisi tenaga kesehatan.

Baca Juga

“Kita mesti memperhatikan, mendengarkan, melihat kondisi dari tenaga kesehatan kita. Mereka sudah sangat under pressure. Tolong bapak ibu, kalau misalnya tidak demam dan tidak sesak nafas, itu masih bisa dilakukan isolasi mandiri,” ujar Menkes Budi saat konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (11/1).

Bagi masyarakat yang tak mampu melakukan isolasi mandiri karena tak ada ruang khusus, Kemenkes juga telah meminta seluruh pemimpin daerah agar menyediakan tempat isolasi. Selain itu, kata dia, isolasi mandiri dapat dilakukan di hotel-hotel yang bekerja sama dengan pemerintah.

“Nanti kami akan bikin mekanisme di mana tetap dimonitor oleh dokter-dokter baik melalui telepon langsung maupun telemedicine. Tapi untuk mengurangi beban rumah sakit, biarkan teman-teman kita, saudara kita yang berat itu yang dihandle di sana,” jelasnya.

Tak hanya itu, menkes juga meminta masyarakat agar terus menerapkan protokol kesehatan dan juga menghindari kerumunan guna mencegah penularan. Ia mengingatkan, rumah sakit tak akan mampu menampung tingginya jumlah pasien positif akibat masyarakat yang abai terhadap prokes.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement