Rabu 06 Jan 2021 15:03 WIB

Xi Jinping Perintahkan Militer China Tingkatkan Siap Tempur

Xi ingin militer dapat bertindak setiap saat.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Teguh Firmansyah
 Screengrab Presiden China Xi Jinping.
Foto: EPA-EFE / APEC 2020
Screengrab Presiden China Xi Jinping.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Presiden Cina Xi Jinping memerintahkan tentara untuk siap bertindak kapan pun dibutuhkan. Dia juga menekankan agar para tentaranya memiliki kesiapan tempur.

Xinhua melaporkan, bahwa Presiden Xi ingin angkatan bersenjata negara  meningkatkan pelatihan dalam kondisi pertempuran nyata guna memastikan kesiapan perang setiap saat dibutuhkan.

Baca Juga

"Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) harus siap untuk bertindak setiap saat dan harus tetap dalam kesiapan tempur penuh waktu," ujar Presiden Xi seperti dikutip laman Business Standard, Rabu (6/1).

"Friksi garis depan harus digunakan untuk memoles kemampuan pasukan dan latihan perlu dilakukan dengan juga latihan teknologi," ujarnya menambahkan.

Dalam perintah pertamanya di Komisi Militer Pusat (CMC) pada 2021 yang ditandatangani oleh Xi, dia menekankan bahwa seluruh tim harus diberikan penguatan pelatihan militer dalam kondisi pertempuran nyata dan kemampuan untuk menang.

PLA, sebagai kekuatan militer Partai Komunis China (CPC), harus dengan tegas melaksanakan perintah dari CMC dan CPC, untuk menandai ulang tahun ke-100 berdirinya partai pada 1 Juli dengan kinerja luar biasa.

Presiden Xi juga menyarankan peningkatan substansial dalam penggunaan teknologi pada latihan militer. Dia juga meminta militer untuk mengikuti perkembangan terbaru dalam pengetahuan militer dan teknologi tinggi.

BACA JUGA: Risma VS Anies: Perang Isu di Kolong Jembatan Jakarta-Surabaya

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement