Saturday, 22 Rajab 1442 / 06 March 2021

Saturday, 22 Rajab 1442 / 06 March 2021

Menjauhi Neraka Meski Hanya dengan Bersedekah Kurma

Senin 28 Dec 2020 22:28 WIB

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah

Bersedekah meski dengan kurma bisa jauhkan api neraka. Ilustrasi Kurma

Bersedekah meski dengan kurma bisa jauhkan api neraka. Ilustrasi Kurma

Foto: Republika/Wihdan
Bersedekah meski dengan kurma bisa jauhkan api neraka

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Rasulullah SAW telah memperingatkan umatnya untuk menjauh dari apa neraka dengan bertakwa kepada Allah SWT. Bahkan, beliau memerintahkan kepada umatnya untuk bersedekah dengan sebutir kurma jika ingin selamat daripada api neraka.

Imam Bukhari dan Muslim meriwayatkan sebuah hadits dari ‘Adi ibn Hatim bahwa Rasulullah SAW bersabda:

اتَّقُوا النَّارَ وَلَوْ بِشِقِّ تَمْرَةٍ، فَمَنْ لَمْ يَجِدْ فَبِكَلِمَةٍ طَيِّبَةٍ “Jauhilah neraka walaupun dengan bersedekah sebelah butir kurma, maka siapa saja yang tidak mendapatkannya, maka hendaklah (bersedekah) dengan kata-kata yang baik’.” (HR Bukhari dan Muslim).

Baca Juga

Dalam hadits tersebut Rasulullah SAW memerintahkan umat Islam untuk selalu istiqamah dalam bersedekah, walaupun sedekah yang diberikan jumlahnya sangat sedikit. Karena, sedekah itu lah justru bisa menyelematkan umat Islam dari api neraka.

Yang dimaksud dengan sebutir kurma dalam hadits tersebut merupakan kiasan tentang amal-amal yang ringan. Kendati demikian, amal yang ringan tersebut bernilai tinggi di hadapan Allah SWT. Karena itu, bersedekahlah dengan apapun yang dimiliki, terutama di masa pandemi Covid-19 sekarang ini.

Bersedekah tidak harus berupa uang atau barang, tetapi cukup dengan perbuatan atau kalimat kebaikan yang mana akan menjadi penyelamat di Hari Kiamat kelak. “Dan aku melihat seorang laki-laki dari umatku ketakutan melihat jilatan api neraka. Ia mengusir (jilatan tersebut) dari wajahnya dengan menggunakan tangannya. Kemudian datanglah amalan sedekah laki-laki tersebut. Amalan itu pun menghalangi dan melindungi wajah serta kepalanya (dari jilatan api neraka). (Tafsir Ibnu Katsir)

Dalam hadits yang pertama, Rasulullah SAW juga memperingatkan umat Islam untuk selalu selalu menjauhi api neraka. Dalam hadits lain yang diriwayatkan oleh Al-Baihaqi dengan sanad yang di dalamnya terdapat musnid yang jahalah (tidak diketahui), dari Anas dari Nabi SAW bersabda:

يا معشر المسلمين ارغبوا فيما رغبكم الله فيه و احذروا و خافوا ما خوفكم الله به من عذابه و عقابه و من جهنم فإنها لو كانت قطرة من الجنة معكم في دنياكم التي أنتم فيها حلتها لكم و لو كانت قطرة من النار معكم في دنياكم التي أنتم فيها خبثتها عليكم

“Wahai seluruh kaum muslimin berharaplah terhadap apa-apa yang Allah harapkan atas kalian, dan jauhi serta takutlah terhadap apa yang ditakutkan Allah atas kalian dari adzab-Nya dan hukuman-hukman Allah dan juga jahanam, sesungguhnya kalau satu tetes kenikmatan dari surga di jatuhkan di atas dunia maka akan menjadikan indah dunia ini dan apabila satu percik api neraka dipercikan ke dalam dunia ini maka akan menjadikan dunia yang kalian tempati ini rusak.” 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA